SNMPTN 2017 Sudah di Depan Mata, Siapkan Beberapa Hal Berikut Yuk!
Ilustrasi ujian SNMPTN @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET –  Ujian SNMPTN 2017 merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh para peserta didik, yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
 
SNMPTN memang menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu, pasalnya, lewat jalur SNMPTN tersebut, kuota yang disediakan bagi calon mahasiswa jauh lebih besar daripada jalur lainnya.
 
Pada tahun 2016, pemerintah menyediakan kuota sebesar minimal 50% untuk SNMPTN, 30% untuk SBMPTN, dan sisanya dialokasikan untuk penerimaan seleksi Ujian Mandiri.
 
Karena peluang yang disediakan dari jalur SNMPTN jauh lebih besar, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan para calon mahasiswa, agar bisa menembus bangku perguruan tinggi yang diidam-idamkan, seperti dirangkum dari Tribunnews berikut.
 
Jangan Lupa, Siapkan Nilai Rapor Kalian Dari Semester 1 Sampai 5
Ketika menentukan jurusan yang menjadi idaman, para peserta didik atau calon mahasiswa tentu dapat mempertimbangkan prestasi akademik yang dimilikinya. Apakah nilai rapor yang dikantungi sudah sesuai dengan persyaratan yang diinginkan jurusan ?
 
Perhatikan Daya Tampung dan Peminat Jurusan
Dengan memperhatikan kapasitas daya tampung dan banyaknya penimat jurusan, calon mahasiswa dapat mempertimbangkan pilihan jurusan kuliah yang akan dipilihnya, yang sekiranya mampu menembus pintu perguruan tinggi.
 
Jangan Lupa, Sesuaikan Dengan Bakat dan Minat
Inilah hal penting yang harus benar-benar diperhatikan ketika menentukan jurusan yang ingin diambil. Usahakan memahami jurusan yang diminati, karena hal tersebut akan membuat perjalanan kuliahmu jauh lebih nyaman untuk ke depannya, jangan sampai salah jurusan ya!
 
Memilih Cadangan Universitas Sebijak Mungkin
Sistem ujian SNMPTN  di Indonesia ini, memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih dua perguruan tinggi negeri, pertimbangkan dengan sebaik-baiknya.
 
Ingat Perekonomian Keluarga
Yang namanya pendidikan pasti memerlukan biaya. Memperhatikan perekonomian keluarga ketika ingin menentukan jurusan, menjadi suatu hal yang paling penting. Jangan sampai pilihan untuk meneruskan kuliah justru membebani orang tua, apalagi kalau sampai harus DO hanya karena masalah biaya. Sebisa mungkin manfaatkan beasiswa yang tersedia.
 
Selalu Berdoa dan Tawakkal
‪Manusia hanya berencana dan Tuhan lah penentu segalanya. Ketika sudah berusaha maksimal, apapun hasilnya, calon mahasiswa harus menerimanya dengan lapang dada, karena bagaimana pun, kehendak Tuhan adalah yang terbaik.

Berikut agenda SNMPTN 2017 yang jadwal pendaftarannya tinggal tiga hari lagi lho..!!

Agenda SNMPTN 2017 @MalangTODAY/snmptn.ac.id

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here