SMK Diubah Menjadi BLUD, Kadindik Jatim: Hasilnya Dikelola Sendiri
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman @Jazila/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Berdasarkan permintaan Presiden Republik Indonesia dalam menyiapkan konsep peningkatan sumber daya manusia (SDM) di bidang Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengubah sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Saiful Rachman, menjelaskan bahwa sudah ada 20 SMK yang statusnya berubah menjadi BLUD. Dari jumlah tersebut, ketiganya adalah SMK Negeri dari Kota Malang, yakni SMKN 2 Malang, SMKN 4 Malang dan SMKN 11 Malang.

“Dari yang kita ajukan 50 SMK Negeri, yang disetujui itu 20,” ujar Saiful kepada awak media ketika menghadiri acara kunjungan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, di SMKN 4 Malang, Kamis, (13/12/2018).

Dengan menjadi BLUD, sekolah dapat melayani jual-beli produk hasil karya siswa kepada publik. “Sekolah bisa menerima job secara online, dari luar dari daerah, luar Jawa dan lain-lain, mereka ini (SMKN 4 Malang) omzetnya satu tahunnya bisa mencapai 1 milyar,” jelasnya.

Lebih lanjut, Saiful juga menjelaskan bahwa hasil jual-beli yang mereka dapatkan itu tidak perlu disetor ke kas negara, akan tetapi dikelola sendiri oleh pihak sekolah.

“Kalau di sekolah negeri, BLUD itu sebagai payung hukumnya untuk mereka bisa mengelola sendiri (usaha yang ada di sekolah). Pendapatannya juga tidak masuk ke provinsi, tapi pendapatannya mereka kelola sendiri” jelasnya.

Dengan diberikan kebebasan berkarya tersebut, diharapkan siswa bisa berkarya secara maksimal dan akan siap menghadapi dunia kerja setelah lulus dari SMK. “Mereka akan lebih dinamis untuk menerima bentuk-bentuk pekerjaan nantinya,” tandas Saiful.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.