SLBN Kota Batu Targetkan Siswanya Ikuti UNKP 2017
Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Batu, Siti Muawanah Maryam bersama seorang siswa @azmy

MALANGTODAY.NET – Ujian Nasional Tingkat Sekolah Dasar akan dilangsungkan serentak tanggal 15 Mei 2017 mendatang. Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Batu, Siti Muawanah mengupayakan penuh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) didikannya bisa mengikuti Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) setara dengan sekolah umum lain.

Siti Muawanah mengatakan ini kali pertama pihak sekolah mengirimkan anak didik ABK tingkat SD untuk mengikuti UNKP. Ketiga murid ABK golongan tuna rungu tersebut adalah Devia Tistasari, Nada Fauziah dan Yudha Rus Setiyo S.

“Karena di tahun pertama sekolah ini berdiri, belum ada siswa tingkat SD yang terjaring di sekolah. Untuk tahun ini, kami ada sejumlah tiga siswa,” ujar guru yang akrab dipanggil Ibu Ana ini.

Ditanya soal persiapannya, Ana mengatakan pihaknya akan segera menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Batu dan Kota Malang juga Kementrian Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

“Mulai dari persiapan pembuatan naskah try out dan ujian tingkat kota,” paparnya.

Ia menerangkan peranan Pemkot Batu sangat penting terkait UNKP, terutama dari pihak Dinas Pendidikan Kota Batu.

“Untuk tahun ini bisa lebih mudah, mengambil lembar soal tak harus jauh ke Kota Malang, tapi sudah disediakan sama Disdik Kota Batu” paparnya.

Terkait pembinaan terhadap anak didiknya, ia melanjutkan, pihak sekolah dan tenaga pendidik mengadakan pelajaran tambahan sepulang sekolah setiap harinya.

“Agar murid tidak tegang dalam persiapannya, kami juga sering mengadakan kegiatan refreshing dengan mengajak anak-anak belajar sambil bermain di taman kota,” ucapnya, Jumat (5/5).

Sejak berdirinya SLBN Kota Batu pada Februari 2016 ini sudah pernah menyelenggarakan UNKP untuk 2 orang siswa ABK golongan tuna rungu dan tunadaksa tingkat SMA.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here