Alun-ALun Tugu Kota Malang yang ikonik @kapanlagi
Alun-ALun Tugu Kota Malang yang ikonik @kapanlagi

MALANGTODAY.NET – Banyak alasan seseorang ingin melanjutkan studi perguruan tinggi di Malang. Satu di antara banyak alasan itu adalah terkait lingkungan dan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Malang, kerap menyuguhkan hal itu.

Setiap tahun, ada ribuan mahasiswa baru (maba) yang belajar di Kota Pendidikan ini. Mereka datang dari pelbagai penjuru Indonesia untuk belajar di kampus-kampus pilihan. Maka, beruntung bagi mereka yang sudah dinyatakan diterima di kampus masing-masing.

Sebab, berbagai keuntungan akan mereka dapatkan tatkala menimbah ilmu di Bhumi Arema ini. Selain bisa memanfaatkan berbagai fasilitas kampus, maba juga bisa menikmati indahnya Malang kapanpun. Tak heran, di antara mereka kemudian memilih untuk menetap di Malang karena sudah kepincut dengan Kota Apel ini.

Alun-Alun Tugu Kota Malang @catatanwisata
Alun-Alun Tugu Kota Malang @catatanwisata

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini keuntungan yang didapat ketika kuliah di Malang. Yuk simak!

Lingkungan dan suasana yang nyaman

Malang terkenal dengan lingkungannya yang sejuk. Sebab, wilayah Malang berada di pengunungan dan ini dibuktikan dengan keberadaan Gunung Panderman, Gunung Arjuna, Gunung Bromo, dan Butak yang mengelilingi kota ini.

Selain itu, pertimbangan lain adalah suasana yang ditawarkan sangat nyaman. Kenyamanan ini juga ditunjukkan dari keramahan warga Malang terhadap pendatang. Mereka sangat terbuka dan baik. Asal tidak membuat ulah, warga Malang akan menunjukkan kesetiakawanan mereka.

Tidak sedikit mereka yang pernah kuliah di Malang mengaku tidak bisa lupa dengan kota ini. terlalu banyak hal baik dan indah, sehingga untuk berpaling pun enggan.

Suasana di Malang yang sejuk dan nyaman sangat cocok untuk belajar @tarmujiboy
Suasana di Malang yang sejuk dan nyaman sangat cocok untuk belajar @tarmujiboy
Pilihan kampus yang banyak

Semua kampus ada di kota ini, baik swasta maupun negeri. Calon mahasiswa tentu bisa memilih kampus-kampus yang ada di Malang untuk studi keilmuan yang diminati. Berbagai jurusan pun tersedia di kampus-kampus tersebut, sehingga lebih memudahkan calon mahasiswa untuk memilihnya.

Di Malang juga ada kampus vokasi yang bisa dimanfaatkan bagi mereka yang ingin cepat bekerja. Terbukti kampus-kampus ini juga melahirkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

Sebagai Kota Pendidikan, Malang juga menjunjung tinggi julukan itu. Calon mahasiswa tidak perlu khawatir dengan akses diskusi dan perpustakaan. Banyak kelompok-kelompok diskusi yang tersebar di berbagai tempat untuk menambah wawasan. Akses perpustakaan kota juga terbuka lebar bagi masyarakat Malang.

UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) salah satu kampus negeri di Malang @brits-Indonesia
UIN Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) salah satu kampus negeri di Malang @brits-Indonesia
Bejibun komunitas yang menyenangkan

Tak sedikit komunitas di kota ini. Mahasiswa yang notabene belajar sambil mencari pengalaman juga bisa bergabung dengan komunitas-komunitas yang tumbuh di Malang. Bagi yang suka dengan dunia otomotif juga ada komunitasnya.

Mahasiswa yang menyukai reptil juga bisa bergabung dengan komunitas reptil. Mahasiswa yang suka dengan literasi juga bisa bergabung bersama teman-teman literasi. Mahasiswa yang memiliki jiwa sosial, juga bisa berkembang bersama komunitas sosial di malang.

Komunitas-komunitas ini tentu menjadi sarana belajar yang ampuh. Selain itu juga untuk memperbanyak relasi pertemanan sehingga berbagai peluang terbuka lebar, baik karier maupun untuk kehidupan.

Beragam acara komunitas kerap digelar di Malang @MalangTODAY
Beragam acara komunitas kerap digelar di Malang @MalangTODAY
Biaya hidup terjangkau dan mudah

Biaya hidup amat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke Malang, justru menyusahkan banyak orang. Terkait hal itu, biaya hidup di Malang terbilang cukup terjangkau. Mahasiswa yang masih bergantung pada orangtua, tentu bisa melampauinya.

Biaya makan di Malang sekitar Rp 15.000 dengan beragam pilihan menu. Mahasiswa yang makan dengan biaya tersebut sudah dapat makan ayam goreng dan segelas minuman. Termasuk juga biasa kos atau tempat tinggal, Malang juga menyuguhkan harga yang beragam.

Harga kos atau tempat tinggal kisaran Rp 500 ribu hingga Rp 3 jutaan. Tentu itu bisa naik turun bergantung kondisi kamar yang dipilih. Info kontrakan rumah pun bejibun. Mahasiswa yang ingin hidup beramai-ramai bisa menyewa satu rumah dengan anggaran sekitar Rp 10 juta pertahun.

Ilustrasi rumah kos di Malang yang terbilang terjangkau dan mudah @IDNTimes
Ilustrasi rumah kos di Malang yang terbilang terjangkau dan mudah @IDNTimes
Banyak tempat hiburan

Bukan Malang namanya kalau tidak banjir tempat hiburan. Selain ramai tempat wisata, di Malang juga banyak ditemukan tempat-tempat nongkrong, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi.

Mahasiswa yang merasa penat dengan rutinitas perkuliahan bisa menjajal beragam wisata di Malang. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratisan, seperti taman dan alun-alun. Ingin berwisata ke tempat hiburan buatan, banyak sekali di Kota Batu.

Ingin wisata coban-coban, banyak ditemukan di Kota Batu dan Kabupaten Malang. Ingin wisata ke pantai, bejibun di Malang Selatan. Ingin berkunjung ke kampung tematik, temukan di Kota Malang. Semuanya bisa diakses dengan mudah!

Even-even anak mudah juga kerap dihelat di kota ini. Mereka bisa berkreasi dengan bergabung menjadi voulenter atau menjadi pengunjung. Even-even ini tentu menjadi hiburan tersendiri bagi mahasiswa dan masyarakat umumnya.

Salah satu tempat hiburan menarik di Malang adalah Alun-Alun Kota Batu @setiatransport
Salah satu tempat hiburan menarik di Malang adalah Alun-Alun Kota Batu @setiatransport
Sensasi kuliner yang menggoda

Satu hal yang perlu diingat dari Malang adalah bakso. Kuliner bakso memang sangat khas bagi kota yang berada di Selatan ini. Beragam olahan bakso juga bermunculan, misalnya ada bakso bakar. Penjual bakso juga sangat banyak ditemukan, mulai dari bakso keliling sampai depot bakso legendaris.

Selain itu, makanan pedas juga kerap disematkan untuk kota ini. banyak sekali olahan makana pedas, mulai dari mie, ayam krispi, sampai berbagai camilan pedas lainnya. Malang yang dingin memang enak untuk menyantap makanan pedas.

Mahasiswa yang kuliah di Malang dijamin tidak akan kehabisan menu makanan. Justru, mungkin menjadi bingung dengan banyaknya pilihan menu.

Bakso menjadi kuliner khas Malang sangat cocok dimakan saat kondisi cuaca apapun @merdeka
Bakso menjadi kuliner khas Malang sangat cocok dimakan saat kondisi cuaca apapun @merdeka
Kemudahan dalam transportasi

Akses menuju Malang juga terbilang mudah. Banyak transportasi yang menuju Malang. Ada pesawat yang bisa diakses melalui Bandara Abdurahman Saleh. Transportasi bus yang bisa diakses di Terminal Arjosari. Transportasi kereta yang bisa diakses melalui Stasiun Kota Baru, Kota Malang.

Semua trasnportasi ini antar-provinsi, sehingga bagi mahasiswa dari Jakarta atau Bandung bisa memanfaatkan kereta. Sementara bagi mahasiswa luar Jawa, bisa menggunakan pesawat untuk perjalanan pulang-pergi dari Malang.

Transportasi di dalam kota sendiri juga terbilang mudah. Penumpang bisa memanfaatkan angkot dan taksi untuk akses ke kampus, kos, atau lokasi keberangkatan. Apalagi saat ini sudah tersedia ojek online (ojol) yang bersiap selama 24 jam.

Kereta api menjadi salah satu tarnsportasi yang ada di Malang @planktontour

Masih ragu belajar di Malang? Segera layangkan pendaftaranmu ke kampus yang berada di Malang. Bagi Maba 2019, selamat, sebentar lagi kalian akan merasakan keuntungan tersebut. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.