Selain IELTS dan IPK, Ini yang Harus Kamu Miliki Agar Lolos LPDP
Direktur Beasiswa LPDP, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed saat menenimw cinderamata dan menjadi pembicara dalam acara Klinik Beasiswa LPDP: Siap Menuju Generasi 4.0 di UM, Sabtu (3/3/2019) @Fajar/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Peminat program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari tahun ke tahun semakin banyak. Hal ini disebabkan karena program ini merupakan program beasiswa terbesar dari pemerintah.

Direktur Beasiswa LPDP, Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed, membocorkan syarat utama agar bisa lolos beasiswa ini. Tak hanya skor IELTS dan IPK yang bagus, tapi juga harus memiliki integritas dan kejujuran yang tinggi.

“Selain harus memenuhi persyaratan administratif dan lolos dalam setiap tahap tes, calon penerima beasiswa LPDP wajib menjaga integritas dan kejujuran.” terang Sofwan ketika menjadi pembicara dalam acara Klinik Beasiswa LPDP: Siap Menuju Generasi 4.0 di Universitas Negeri Malang (UM), Sabtu (3/3/2019).

Integritas tersebut terkait prinsip dan ekspektasi calon awardee terhadap masa depannya yang harus bisa berguna untuk membangun negara jika telah menyelesaikan studinya.

“Kita ini kan dibiayai negara. Untuk itu harus memikirkan bagaimana dan apa yang bisa kita berikan kepada negara setelah selesai menuntut ilmu,” tambahnya.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan pada tes wawancara, peserta akan diberikan pertanyaan oleh tiga orang reviewer dan profesional. Pertanyaannya mengenai karakter personal, akademis, dan rencana kontribusi untuk bangsa di masa depan.

“Para reviewer yang melakukan wawancara adalah pihak yang independen, terdiri dari akademisi dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, psikolog, serta profesional yang ahli di bidangnya,” tukasnya.

Sejauh ini, setiap tahunnya LPDP diketahui memberikan kuota sejumlah 4000 peluang beasiswa. (FAJ/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.