Tim KKN UM 2018 Ajak Pengajar SDN Tegalsari 02 Buat Media Pembelajaran Interaktif
Pemateri dari KKN Tegalsari UM 2018 saat Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kebutuhan akan media pembelajaran interaktif di zaman now semakin bertambah. Sekolah Dasar atau SD sebagai salah satu pendidikan formal, seharusnya menyediakan fasilitas penunjang kegiatan belajar-mengajar yang efektif, efisien, menarik dan berbasis teknologi digital sesuai dengan era milenial saat ini, supaya tidak ketinggalan.

Fasilitas penunjang kegiatan tersebut yaitu media pembelajaran interaktif berbasis multimedia, yang dapat menjabarkan pesan atau informasi dari guru ke siswa. Dalam prosesnya, terjadi komunikasi aktif dua arah antara multimedia dengan pengguna atau siswa.

Baca Juga: ‘Ngangsu Kawruh’ ke Tiga Tokoh Penting Kota Malang, Sae Mantap Maju Pilkada 2018

Tim KKN UM 2018 Ajak Pengajar SDN Tegalsari 02 Buat Media Pembelajaran Interaktif
Suasana saat sosialisasi (Istimewa)

“SDN Tegalsari 02 yang terletak di Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen, selama ini masih menerapkan metode pembelajaran yang bersifat konvensional atau manual. Tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif dan hanya menggunakan buku teks serta ekspositorik dari guru pengajar saja. Penerapan media pembelajaran Bapak atau Ibu guru sebelumnya sudah menggunakan powerpoint akan tetapi tidak di desain atau diberi efek animasi sehingga membuat siswa tetap merasa bosan”, ungkap Pak Suharno selaku Kepala Sekolah SDN Tegalsari 02.

Persoalan tersebut menarik sekelompok mahasiswa KKN UM 2018 yang terdiri dari Arifah Fitria Hidayati dari Jurusan Bimbingan dan Konseling, Ilham Hamidi Dly dari Jurusan Ekonomi Pembangunan, serta Mentari Dewita dari Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, untuk memberikan solusi berupa pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dan PowerPoint.

Baca Juga: Biar Makin Glowing, Yuk Cobain 10 Step Skincare Korea Ini!

Tim KKN UM 2018 Ajak Pengajar SDN Tegalsari 02 Buat Media Pembelajaran Interaktif
Tampilan buku panduan dan CD media pembelajaran interaktif (Istimewa)

“Proses pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dan PowerPoint memakan waktu yang cukup lama. Selain itu konten materi mata pelajaran juga harus disesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan oleh pihak sekolah. Jadi kami menggunakan aplikasi termudah yang menunjang pembuatan media pembelajaran interaktif tersebut serta mengambil satu mata pelajaran pilihan dari kurikulum KTSP dan satu tema dari kurikulum K13. Kendala lain yakni saat membuat konten materi dalam media pembelajarann interaktif belum menyeluruh pada semua jenjang SD” tandas Arifah salah satu penanggungjawab dari KKN UM Desa Tegalsari tahun 2018.

Meskipun terdapat beberapa kendala dalam pembuatan media pembelajaran tersebut, mahasiswa KKN UM 2018 dapat menyelesaikan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash dan PowerPoint dengan baik.

Tindak lanjut dari pembuatan tersebut yakni adalah sosialisasi media pembelajaran interaktif, kepada Bapak atau Ibu guru di SDN Tegalsari 02.

Sosialisasi ini diikuti oleh Bapak Suharno selaku Kepala Sekolah SDN Tegalsari 02 dan seluruh tenaga pengajar lainnya yang berjumlah tujuh orang.

Baca Juga: Supaya Bisa Jadi Modal Usaha, Ini 5 Tips Agar THR Awet

Tim KKN UM 2018 Ajak Pengajar SDN Tegalsari 02 Buat Media Pembelajaran Interaktif
Pak-Suharno-Kepala-Sekolah SDN Tegalsari 02 Membawa Buku Panduan dan CD Media Interaktif (Istimewa)

Antusiasme mereka dalam mengikuti sosialisasi media pembelajaran interaktif  ini, membuktikan bahwa betapa pentingnya media pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran berlangsung.

Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi, informasi dan komunikasi yang semakin pesat, menambah penasaran dan keingintahuan mereka terhadap media pembelajaran interaktif yang dibuat oleh tim KKN Tegalsari UM 2018.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada Tim KKN Universitas Negeri Malang yang telah meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dengan kami dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, semoga kedepannya dapat meningkatkan kualitas belajar siswa SD Negeri Tegalsari 02 melalui media pembelajaran interaktif tersebut” ungkap Bapak Suharno lagi.


Penulis: Arifah Fitria. H, Ilham Hamidi Dly, Mentari Dewita
Editor: Annisa Eka Safitri