Qur'ani, Aplikasi yang Permudah Tuna Rungu Belajar Al-Qur'an
Tampilan aplikasi Qur'ani karya mahasiawa UMM @Jazila/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Berawal dari kepeduliannya terhadap siswa tuna rungu yang kesulitan belajar Al- qur’an, Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Universitas Malang (UM), Rony Aldhan Dwi Cahya, membuat aplikasi bernama Qur’ani.

“Jadi ini pembelajaran Al Qur’an bagi tuna rungu yang dinamakan Qur’ani atau Qur’ani isyarat, metode pembelajarannya memang disesuaikan dengan kebutuhan anak tuna rungu,” kata Rony kepada media, Rabu (17/10).

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Pangan, Pemerintah Canangkan Intensifikasi Lahan

Mahasiswa yang tergabung dalam UKM Alqur’an Study Club (ASC) ini menjelaskan dalam aplikasi ini, pengguna bisa mempelajari Al Qur’an dengan huruf Hijaiyah isyarat. Artinya, setiap huruf Hijaiyah ada contoh bahasa isyarat yang dapat ditirukan oleh tuna rungu.

“Jadi memang untuk anak tuna rungu itu komunikasinya kan menggunakan isyarat. Karena mereka memang tidak bisa mendengar, bisanya menggunakan isyarat tangan, “ jelasnya

“Di dalam pembelajaran kami juga ada informasi dan video yang mempermudah pemahaman dari huruf-huruf hijaiyah, AlQuran dan pembelajaran dasar Iqra’,” tambah mahasiswa semester 9 tersebut.

Baca Juga: Lahan Makin Terbatas, Ini Upaya Kementan Penuhi Kebutuhan Pangan

Dari aplikasi yang sudah ada di play store ini juga dilengkapi dengan speech recognize. Dengan adanya speech recognize , mereka dapat mengetahui bagaimana mengucapkan huruf dasar Al Qur’an.

Perlu diketahui, aplikasi yang pernah menjuarai MTQ Nasional ini sudah diterapkan di beberapa sekolah luar biasa (SLB) di daerah Malang. Seperti Kedungkandang, Lawang dan Oro-oro Dowo.


Reporter : Jazilatul Humda
Editor : Kistin Septiyani

Loading...