Program Blended Learning Diterapkan di Nagoya Dengan Indonesia, dan Inilah Bedanya
Mochamad Nuruz Zaman di halaman perpustakaan Nagoya University Japan (azzam for malangtoday.net)‬

MALANGTODAY.NET – Program Blended Learning merupakan salah satu model pendidikan yang diterapkan di Nagoya University, Jepang. Penerapan sistem blended learning ternyata tidak hanya ditemukan di Nagoya saja, akan tetapi perguruan tinggi di Indonesia pun sudah menerapkannya.
 
Lantas, apa sih program blended learning itu?
 
Kepada tim MalangTODAY.net, Delegasi Indonesia dalam Internasional Culture Study di Nagoya University Japan, Mochamad Nuruz Zaman, mengemukakan bahwasanya,
 
“Kiblat pendidikan di Jepang (khususnya di Nagoya University), mengedepankan blended learning, yakni pembelajaran indoor activity sebagai perkuliahan teori, dan outdoor activity sebagai studi kasus langsung observasi ke lokasi sasaran pembelajaran.”
 
Lalu, apa bedanya blended learning di Nagoya dengan Indonesia?
 
“Setiap Perguruan Tinggi, baik di Indonesia ataupun di Jepang, tentunya mempunyai teknis sendiri-sendiri dalam mengelola kebijakan kurikulum hingga perkembangan studi mahasiswanya. Blended learning juga banyak diterapkan di Indonesia, namun di sini hanya dikaji dalam perkuliahan teori. Kalau di Jepang, blended learning antara teori dan praktik seimbang,” tutur mahasiswa UNS, yang merupakan penerima Beasiswa Magister Pendidikan Indonesia dari LPDP Kemenkeu 2016.
 
Pria yang akrab disapa Azzam itu juga memberikan contoh perbedaan penerapan program blended learning antara di Nagoya dengan Indonesia, seperti berikut.
 
‪”Contohnya, ketika dalam perkuliahan teori (pada pertemuan pertama) dibahas tentang telaah kemiskinan dan lingkungan kumur para pemulung. Pada pertemuan selanjutnya, mahasiswa akan bersama-sama terjun ke lingkungan sasaran dengan maksud untuk mengkaji bagaimana kondisi lingkungan dan pemulung, hingga ada yang menggalakkan pelatihan untuk pemulung, agar para pemulung tersebut dapat memanfaatkan barang bekas menjadi layak guna”‬

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here