UM Siap Luncurkan Beasiswa Kepada Mahasiswa Internasional di Tahun 2018
Ilustrasi beasiswa @MalangTODAY/Istimewa

MALANGTODAY.NET – Setiap orang tentu ingin meraih pendidikan yang setingi-tingginya, akan tetapi tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk bisa duduk di bangku kuliah dan menimba ilmu sepuasnya, hanya karena terkendala biaya.

Dewasa ini, berbagai pihak baik dari dalam maupun luar negeri, telah berupaya memberikan fasilitas terbaiknya untuk sektor pendidikan Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan program beasiswa.

Merujuk dari situs beasiswapascasarjana.com, berikut beberapa program beasiswa yang patut dicoba, agar kuliah beres, hidup jadi sukses.

Beasiswa Bidikmisi S1 dan S2

Beasiswa Bidikmisi @MalangTODAY/Istimewa

Program beasiswa Bidik Misi S1 sudah digulirkan sejak tahun 2010. Setelah sukses dengan program tersebut, penyelenggaraan beasiswa Bidikmisi S2 pun direalisasikan oleh pemerintah. Beasiswa Bidikmisi S2 sendiri, diperuntukkan bagi mereka yang sebelumnya telah menerima beasiswa Bidik Misi S1. Lantas, bagaimana dengan yang bukan penerima Bidikmisi sebelumnya? Jangan khawatir, program beasiswa Bidikmisi S2 juga diperuntukkan bagi mereka (yang memang tidak mampu), walaupun sebelumnya tidak menerima Bidikmisi S1. Keduanya diberikan kesempatan yang sama melalui Beasiswa Afirmasi di laman LPDP.

Beasiswa Unggulan Msyarakat Berprestasi

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi diperuntukkan bagi mereka baik peserta didik maupun mahasiswa yang memang berprestasi. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi juga diperuntukkan bagi guru-guru yang berprestasi, peraih medali olimpiade internasional, juara tingkat nasional atau internasional bidang sains, teknologi, seni budaya, dan olahraga, pegawai/karyawan berprestasi, yang telah mendapatkan persetujuan dan diusulkan oleh atasan, seniman, serta pegiat sosial.

Beasiswa Djarum

Beasiswa Djarum @MalangTODAY/Istimewa

Program beasiswa Djarum biasanya dibuka setiap bulan April dan diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang telah duduk di semester IV. Program beasiswa Djarum ini rutin dibuka setiap tahunnya.

Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto @MalangTODAY/Istimewa

Beasiswa Tanoto Foundation ditawarkan pada jenjang S1. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk ikatan dinas, dan kelak setelah lulus, penerima beasiswa sudah disediakan tempat kerja untuk mengembangkan karir  Program Beasiswa ini ditawarkan melalui Regional Champion Scholarship (RCS) 2017.

Seandainya lolos seleksi, penerima beasiswa nantinya akan memperoleh bantuan keuangan dari Tanoto Foundation, yang meliputi uang masuk perguruan tinggi, uang kuliah, dan tunjangan bulanan. Tidak berhenti sampai di situ saja, penerima beasiswa juga akan memperoleh manfaat lain, seperti dilatih dalam pengembangan kapasitas soft skill, serta  menjadi anggota Tanoto Scholars Association.

Beasiswa S2 Bappenas Dalam Negeri dan S2 Linkage Australia

Beasiswa Bappenas @MalangTODAY/Istimewa

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) melalui Beasiswa Pusbindiklatren Bappenas Gelombang II tahun 2017 telah membuka tawaran beasiswa S2 dalam negeri, serta beasiswa S2 lingkage Australia.

Program beasiswa tersebut diperuntukkan bagi staf Perencana yang bekerja di Kementerian PPN/Bappenas, Unit Perencana di kementerian/lembaga, dan Unit Perencana di Dinas Teknis pada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, untuk mereka yang berniat melanjutkan S2 di sejumlah perguruan tinggi dalam negeri dan Australia.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here