PGRI Sebut Masih Ada Permasalahan dalam Dunia Pendidikan
Dialog Interaktif bersama para Tenaga Pendidikan@Rahmat Mashudi Prayoga/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Timur, Ichwan Sumadi menilai bahwa selama ini ada berbagai permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan.

Yang pertama, ia menyebut bahwa sudah beberapa tahun terakhir ini tidak ada penerimaan guru, padahal, kebutuhan guru masih sangat tinggi.

Baca Juga: Tak Ingin Ada Korban Lagi, Peredaran Petasan Akan Diawasi Ketat

“Saat ini pemerintah cenderung mengoptimalkan pembangunan fisik, sementara pembangunan non fisik justru tidak terlalu dioptimalkan,” kata Ichwan, dalam Dialog Interaktif bersama para Tenaga Pendidikan di Permata Jingga kota Malang, beberapa saat lalu.

Kedua, ia juga menerangkan jika para guru selama ini mengeluhkan tingginya angka kelulusan dalam sertifikasi. Untuk itu, ia mengusulkan agar sertifikasi dilakukan oleh pengawas yang selama ini mengetahui kondisi para guru sebenarnya

“Para guru ini ingin lulus sertifikasi. Masak sertifikasi para guru di Dikdasmen dilaksanakan oleh para praktisi pendidikan Pendidikan Tinggi. Ini kan gak nyambung,” paparnya.

Baca Juga: Jangan Tidur Setelah Sahur! Ini 4 Dampak Buruknya Bagi Tubuh!

Selain itu, yakni terkait dengan pendidikan Pancasila di sekolah untuk bisa menjadi penangkal gerakan radikal dan terorisme. Namun untuk hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan melakukan follow up rencana penggantian mata pelajaran PPKn tersebut.

“Kami meminta agar PPKn diganti Pendidikan Pancasila (PP) untuk merevitalisasi substansi Pancasila agar tidak akan hilang. Pak Menteri berencana kerjasama dengan laboratorium Pancasila UM,” jelasnya.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor    : Endra Kurniawan

Loading...