Latar belakang kegiatan ini mengacu pada banyaknya lansia yang masih melakukan aktivitas normal di usianya yang tergolong senja.
Penyuluhan kesehatan pada lanisa @KKN 103 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata 103 Universitas Muhammadiyah Malang (KKN 103 UMM) baru saja menggelar acara sosialisasi kesehatan bertajuk Penyuluhan Penyakit Anggota Gerak.

Bertempat di Desa Pagersari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, acara ini ditujukan kepada para lansia di desa tersebut. Latar belakang kegiatan ini mengacu pada banyaknya lansia yang masih melakukan aktivitas normal di usianya yang tergolong senja. Hal ini yang membuatnya rentan terkena penyakit anggota gerak. Dengan adanya penyuluhan ini, setidaknya mereka dapat melakukan pencegahan dini dengan kiat-kiat sederhana.

Di bawah bimbingan Tutu April Ariani, S. Kep., M.Kes, KKN 103 UMM mengupayakan keterlibatan elemen-elemen terkait seperti bidan, mantri desa, serta ibu-ibu kader Posyandu Desa untuk mendukung kelangsungan acara ini.

Baca Juga: Berkreasi! KKN 117 UMM Bersama Warga Ternyang Bangun Taman Semak Sewu

Acara ini dilaksanakan pada Senin (30/7) lalu. Tajuk utama dalam penyuluhan ini adalah sesi penyampaian materi yang diisi oleh Nungki Marlian, S.ST, Ft., M.Kes selaku salah satu dosen fisioterapi UMM. Sesi ini juga juga dilengkapi dengan tanya jawab antara audiens dengan pemateri. Tak cukup sampai di situ, acara ini juga mengajak peserta lansia untuk melakukan senam lansia bersama.

Karimah Pertama selaku ketua pelaksana kegiatan menuturkan bahwa senam lansia merupakan salah satu terapi pencegahan anggota gerak yang cukup mudah untuk dilakukan. Dengan adanya kegiatan ini, mereka berharap agar mereka dapat menangani sendiri permasalahan yang menimpa anggota geraknya.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar