Foto bersama Pemenang Program Dokter Cilik dari kelas 3, 4 dan 5 bersama Kelompok KKN 141 di SD Negeri Dayurejo 4@ Dok. Humas KKN 141/Reonaldo

MALANGTODAY.NET– Menanamkan kepedulian terhadap pentingnya kesehatan sejak dini merupakan sesuatu yang penting. Ini menjadi salah satu fokus pekerjaan yang digarap oleh Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 141 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kelompok KKN 141 yang mengabdi di Desa Dayurejo, kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan ini menggelar acara penyuluhan kesehatan serta simulasi tentang kesehatan melalui Program Dokter Cilik (Dokcil).

Bertempat di SD Negeri Dayurejo 4, Dusun Gutean, Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, gelaran acara Dokter Cilik dimulai pada tanggal 23, 25, 30 Juli dan 1 Agustus 2019 lalu. Tujuan diadakannya dokcil ini sebagai pengenalan memahami bantuan medis dasar dan gerakan masyarakat sejak dini.

Suasana Apel Pagi sebelum pengumuman Juara Dokter Cilik di SD Negeri 4 Dayurejo@ Dok. Humas KKN 141/Reonaldo

Kegiatan ini dimulai dari diadakannya pre-test untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan anak-anak mengenal penatalaksanaan medis dasar. Disamping itu kegiatan ini juga dilengkapi dengan studi kasus sebagai implementasi dari materi yang sudah diberikan dan diakhiri dengan post-test.

Kriteria dari pemilihan dokcil ini berdasarkan nilai tertinggi dari pre-test, post-test, nilai keaktifan dan pemahaman materi. Pemilihan dokter kecil diumumkan hari ini yaitu Selasa 5 Agustus 2019 berupa penyematan jas dokcil serta sertifikat.

“Program dokter kecil ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi peserta didik dalam program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)”, ujar penanggung jawab kegiatan, Sabrina.

Penyematan Jas Lab Dokter Cilik serta pemberian Sertifikat oleh Kepala Sekolah SD Negeri 4 Dayrejo kepada Salah satu juara Dokter Cilik@ Dok. Humas KKN 141/Reonaldo
Harapan diadakan Program Dokter Cilik (Dokcil) 

Sabrina berharap peserta didik di SDN 04 Dayurejo dapat mendapatkan manfaat dari program ini dan bisa mempraktekan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Harapannya dengan adanya program dokter kecil ini  adek-adek disini dapat paham pentingnya kesehatan sejak dini. Dimana mereka diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, perilaku hidup bersih dan sehat serta dapat menolong dirinya sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya”, ungkap mahasiswi jurusan Kedokteran UMM angkatan 2016 ini.

Salah satu peserta didik, Rara merasa senang dengan diadakannya Program Dokter Cilik (Dokcil) oleh KKN 141. “Meskipun capek, acaranya seru.” ujar Rara saat diwawancarai seusai kegiatan.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.