Peserta Program Ibm Universitas Gajayana Malang @ist
Peserta Program Ibm Universitas Gajayana Malang @ist

MALANGTODAY.NET – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia memberikan kepercayaan kepada Universitas Gajayana Malang untuk melaksanakan program Iptek bagi Masyarakat (IbM). Kegiatan kali ini dilaksanakan di desa Gondowangi dan desa Petungsewu, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Program ini membawa berkat tersendiri di kalangan anggota Dasa Wisma di kedua Desa tersebut, “Karena selama ini mereka belum mampu mengolah tanaman Mbothe atau Talas menjadi bentuk makanan lain dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi,” kata Ketua Program IbM, Ronny Hendra Hertanto.,SE.,MSi.

“Program IbM ini merupakan bentuk nyata pengabdian kepada masyarakat khususnya pemberdayaan Kewirausahaan di kalangan masyarakat dalam rangka transfer of skill Agro Manufacturing kepada calon wirausaha Ibu-ibu  Dasa Wisma agar mampu mengolah bahan baku Mbote/Talas menjadi produk-produk olahan lain seperti  Brownies Mbote, Mie Mbote, Bak Pao Mbote, dan Donat Mbote dalam rangka untuk penganeka regaman jajanan atau kuliner bagi Masyarakat,” ujar Ronny.

Hal ini diharapkan pasca calon wirausaha terutama yang tergabung dalam Kelompok Dasa Wisma ini mampu menguasai skill produksi secara baik, sehingga diharapkan mampu merintis kemandirian bisnis/ekonominya,  terutama bagi komunitasnya dan mampu menciptakan peluang usaha bagi masyarakat sekitar, yang sementara ini rata-rata hanya sebagai ibu rumah tangga dan menggantungkan hidupnya dari sektor pertanian atau menjadi buruh pabrik.

“Kami juga memiliki harapan lain yaitu ketika rintisan kemandirian bisnis/ekonomi sudah dapat dikuasai, selanjutnya diperlukan kemampuan manajerial yang termasuk didalamnya aspek pemasaran, sehingga mereka mampu mendistribusikan dan mendiversifikasikan hasil produksinya  ke para konsumen supaya nilai tambah terhadap produk bisa tercipta,” pungkasnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda