Membangun dan Peresmian Icon Wisata Ngadirejo Park
peresmian ikon wisata Ngadirejo Park (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Melimpahnya berbagai keindahan Indonesia terlihat dari berbagai wisata yang dimilikinya. Berbagai turis lokal maupun mancanegara datang untuk berkunjung menikmati wisata yang tersaji di belantara Nusantara. Salah satu keindahan wisata tersebut berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Desa Wisata Ngadirejo mempunyai tujuh tempat wisata berupa coban atau air terjun, salah satunya Coban Jodo yang menjadi fokus pengembangan wisata saat ini.

Baca Juga: Berkreasi! KKN 117 UMM Bersama Warga Ternyang Bangun Taman Semak Sewu

Membangun dan Peresmian Ikon Wisata Ngadirejo Park
Pembangunan gapura ikon wisata Ngadirejo Park (istimewa)

Senin, (06/08/18) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 04 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Peresmian Kegiatan Program Kerja dalam Penguatan & Pengembangan Desa Wisata yaitu kegiatan pembangunan gapura dan fasilitas spot foto di Coban Jodo yang dimulai pukul 08.00 sampai selesai. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 29 anggota Sekelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan sebagian mahasiswa KKN 04 UMM.

Acara ini turut mengundang Pokdarwis dan perangkat Desa Ngadirejo sebagai bentuk peresmian gapura yang telah dibuat oleh KKN 04 UMM.

“Tema acara ini adalah pemberdayaan alam Desa Bendolawang Ngadirejo Kec. Jabung. Tujuannya untuk pengembangan wisata alam Ngadirejo sebagai bentuk peningkatan penghasilan Pokdarwis Desa Ngadirejo. Sebelumnya tujuan ini terbentuk dari berbagai pendapat yang kemudian kami rangkum dan digunakan untuk meningkatkan perekonomian di Ngadirejo dan meningkatkan desa wisata di Bendolawang tepatnya di coban jodonya karena disana belum tercemar oleh masyarakat.”ujar Ahmad Subarkah koordinator Divisi Kesehatan & Lingkungan.

Mahasiswa KKN 04 UMM mampu merangkul sebagian warga khususnya Pokdarwis yang menjadi pihak pengelola wisata di Desa Ngadirejo. Dengan kegiatan ini, tidak hanya fasilitas wisata yang terbangun namun silaturrahmi antara pengelola wisata dan mahasiswa juga turut terjalin.

Baca Juga: Terharu, Pemain Ganteng Timnas U-16 Ini Nyanyikan Indonesia Raya Sambil Menangis

Membangun dan Peresmian Ikon Wisata Ngadirejo Park
Pembangunan gapura ikon wisata Ngadirejo Park

Wicahyo, selaku wakil Pokdarwis mengatakan bahwa pembangunan gapura, gazebo dan fasilitas spot foto yang diakukan secara gotong royong oleh KKN 04 UMM dengan Pokdarwis dapat mendukung Sapta Wisata ke tiga dan ke empat yaitu kebersihan dan keindahan. Dari kegiatan tersebut harapannya akan terus berlanjut dalam membangun fasilitas dan infrastruktur di beberapa tempat wisata lainnya, perencanaan selanjutnya pada pembenahan dan pelebaran jalan sehingga pengunjung merasa nyaman.

Harapan selanjutnya dari tim pengelola Desa Wisata Ngadirejo yaitu semakin kuat dalam mempromosikan wisata yang berada di Desa tersebut, sehingga mampu menarik pengunjung baru untuk singgah dan menikmati keindahan wisata alam yang tersedia


Penulis : KKN 04 UMM
Editor : Kistin Septiyani

Loading...