Masuk Tahun Kelima, Peserta IMCO di SMANAWA Membludak
Kemeriahan IMCO 5@MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Hari Rabu (9/8) kemarin, ada yang berbeda di sekolah SMAN 9 Malang (SMANAWA). Suasana hari itu lebih ramai dari biasanya. Ternyata, sedang berlangsung satu acara akbar bertajuk Islamic Festival and Competition (IMCO) 5.

Memasuki tahun kelima penyelenggaraan, IMCO makin digelar dengan meriah dan megah. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme para calon peserta dan peserta yang ingin berpartisipasi di ajang ini.

Awalnya penyelenggara hanya menargetkan sebanyak 450 peserta yang berpartisipasi di IMCO tahun ini. Namun, ternyata animo peminat lomba ini sangat besar. Menurut data dari panitia, gelaran IMCO kelima tersebut menampung sebanyak 480 siswa. Bahkan masih banyak calon peserta yang memaksa mendaftar kendati registrasi pendaftaran sudah resmi ditutup mulai kemarin.

Peserta lomba kialigrafi di Islamic Festival and Competition (IMCO) 5@MalangTODAY

Baca Juga: Lewat Seni Bela Diri Tarung Derajat, SMANAWA Orbitkan Siswa Berprestasi

Dikatakan oleh Ketua Panitia IMCO 5, Kurnia Noerhidayati mengungkapkan bahwa ajang ini digunakan sebagai alat untuk memotivasi dan membangkitkan semangat generasi Qurani.

“Tujuannya untuk membangkitkan semangat generasi Qurani. Karena sekarang kalau berkaca pada keadaan sosial saat ini, para siswa mulai kehilangan sisi keagamaan masing-masing atau karena terpengaruh pergaulan. Maka dari itu kita menyelenggarakan lomba dengan hadiah besar supaya memotivasi mereka untuk tidak menghilangkan karakter Islamnya,” beber Kurnia yang juga masih menjadi siswa kelas 12 ini.

IMCO 5 memperlombakan sebanyak kategori lomba. Enam kategori itu adalah adzan, dai, tafidz, MTQ, kaligrafi, dan cerdas cermat. Ajang perlombaan ini ditujukan untuk diikuti oleh siswa-siswi SMP dan MTs se-Malang Raya.

Deretan piala yang diperebutkan dalam Islamic Festival and Competition (IMCO) 5@MalangTODAY

Baca Juga: Raih Juara di Tingkat Provinsi, Atlet Taekwondo SMAN 9 Terinspirasi dari Upacara!

Dikatakan oleh Kurnia bahwa IMCO menyediakan hadiah bagi juara 1, 2, dan 3 di setiap kategori. Di ajang perlombaan ini, jawara tidak dibedakan berdasarkan gender.

Wakahumas SMANAWA, Iskandar,S.Ag mengapresiasi dan mendukung penuh hajatan milik ekstrakuliker BDI SMAN 9 ini. Dikatakan oleh Iskandar bahwa IMCO adalah acara terakbar dan paling bergengsi dari  Badan Dakwah Islam (BDI) SMANAWA.

Lomba ini sekaligus ajang promosi kepada para peserta yang merupakan peserta didik SMP dan MTs untuk menunjukkan bagaiman kondisi dan wajah SMAN 9 Malang. Kesempatan SMAN 9 Malang untuk memamerkan program-progam unggulan SMAN 9 Malang.

Baca Juga  Selamat Datang MalangTODAY di Bumi SMANAWA

“Kami mengundang mereka untuk memperlihatkan bagaimana kondisi sekolah (SMAN 9 Malang) kami. Ini kesempatan kami untuj juga memperkenalkan program-program unggulan sekolah kita. Sekalian promosi gitu, ya,” ucap Iskandar saat diwawancarai Tim MalangTODAY.net.

Para pemenang di Islamic Festival and Competition (IMCO) 5

Baca Juga: Asyiknya Belajar Jurnalistik Bersama MalangTODAY di SMANAWA

Bagi para peserta yang menjuarai IMCO, akan diprioritaskan sebagai siswa berprestasi apabila memutuskan untuk  memilih melanjutkan pendidikan di SMAN 9 Malang. Tidak hanya diprioritaskan, para jawara IMCO yang nantinya mendaftar di SMANAWA akan mendapatkan beasiswa bebas SPP dan bebas SDIP.

Ditemui di lokasi lomba, salah seorang guru pembina dari SMPN 1 Malang Ahmad Syahrul Munir, S.Pd mengatakan bahwa lomba IMCO kali ini sudah berkembang dari tahun ke tahun. Dirinya mengaku IMCO 5 kali ini sudah dipersiapkan secara matang.

“Dibandingkan SMA-SMA yang lain, penyelenggaraan acara ini paling besar dan paling meriah,” ujar pria lulusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang ini.


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika