mahasiswa KKN UM Desa Kalisongo yang mengadakan sosialisasi tanaman binahong (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang pada Sabtu, (09/06) mengadakan program kerja “Posyandu Lansia dan Sosialisasi Binahong” di Dusun Lo’andeng Desa Kalisongo Kecamatan Dau kabupaten Malang.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang dimiliki mahasiswa KKN Reguler Desa Kalisongo yaitu Posyandu Lansia dan Sosialisasi Tumbuhan Binahong. Kegiatan tersebut diikuti oleh warga lansia yang ada di Desa Kalisongo. Antusias warga lansia khususnya di dusun Lo’andeng sangatlah tinggi yaitu sekitar 80 orang lansia yang mengikuti kegiatan ini.

Baca Juga: Ini Dia “Telstar Mechta”, Bola Baru yang Akan Dipakai di Fase Gugur Piala Dunia 2018

Dalam hal ini mahasiswa KKN Reguler Desa Kalisongo pertama-tama melakukan penyuluhan dan pencegahan mengenai penyakit hipertensi. Pola hidup yang tidak teratur mengakibatkan masyarakat banyak yang menderita penyakit hipertensi, terutama warga lansia.

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan warga lansia dapat menjaga pola hidup sehat.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi tumbuhan Binahong. Desa Kalisongo ini merupakan salah satu desa yang berada di dataran tinggi dengan ketinggian 622 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki potensi kesuburan tanah yang cukup tinggi. Sehingga tanaman binahong dapat dibudidayakan untuk menjaga kesehatan masyarakat dan menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit.

Baca Juga: Pilgub Jatim di Kabupaten Malang, Masih Banyak Warga Golput

Manfaat tanaman Binahong selain sebagai obat, juga memiliki manfaat lain, yaitu untuk menjaga daya tahan tubuh. Mahasiswa KKN Reguler Desa Kalisongo juga memberikan beberapa tanaman Binahong agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kalisongo khususnya Dusun Lo’andeng. Dalam penyerahan diwakili oleh warga lansia, kader posyandu, dan perangkat Desa Kalisongo.

Cegah Hipertensi, Mahasiswa UM Adakan Sosialisasi Tanaman Binahong
mahasiswa KKN UM Desa Kalisongo yang mengadakan senam lansia (istimewa)

Kegiatan terakhir yaitu Senam Lansia yang diikuti oleh warga lansia, kader posyandu, dan masyarakat lain. Warga sangat antusias mengikuti senam lansia sampai ruang posyandu tidak cukup karna banyaknya yang menikuti senam lansia. Diharapkan dengan adanya senam ini masyarakat dapat terpacu untuk berolahraga setiap pagi agar kesehatan masyarakat tetap terjaga.

Baca Juga: Selamat, Prof Dr Nuhfil Hanani AR Resmi Jadi Rektor Baru UB

“Kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi warga khususnya lansia, mengingat warga lansia perlu memiliki pengetahuan mengenai pola hidup dan gizi yang baik bagi tubuh, tanaman binahong ini juga bermanfaat untuk mencegah warga dari penyakit hipertensi” Ujar perangkat desa Bapak Bono.

Kegiatan ini sangatlah membantu masyarakat sehingga perlu dilakukan setiap bulan agar masyarakat dapat terjaga kesehatannya. Kepala Desa Kalisongo mendukung penuh kegiatan ini agar terlaksana dengan baik.


Penulis       : Mahasiswa KKN UM Desa Kalisongo
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...