Mahasiswa Teknik Sipil Polinema Suntikan Ilmu dari PT WIKA
Kuliah tamu PT WIKA di Polinema (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Direktur Operasi 3 PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) Ir Destiawan Soewardjono MMt dihadirkan ke Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Destiawan datang untuk memberikan kuliah umum tentang ‘Inovasi Metode Pelaksanaan Pekerjaan Teknil Sipil’ untuk para mahasiswa Program Studi D-III dan D-IV Jurusan Teknil Sipil.

Baca Juga: Sebelum Serbu Malang, Ini Daftar Guest House di Sekitar Kampus

Adapun yang dibahas yakni praktik penerapan metode kerja yang efektif dan inovasi.

Ia menjelaskan, inovasi tersebut seperti saat mengerjakan jembatan Suramadu, dimana pondasi terdalam yang dikerjakan WIKA mencapai 90 m ternyata menimbulkan permasalahan dalam instalasi.

“Engineer WIKA kemudian berhasil menemukan inovasi dengan penerapan mix design slurry bentonite baru dan menggunakan metode pengeboran Reserve Circullate Drill (RCD),” Destiawan, beberapa saat lalu.

Selain itu, ia juga memaparkan pengalaman lain seperti dalam proyek pembangunan Simpang Susun Semanggi.

“Inovasinya dengan penggunaan circular precast box girder terpanjang di Indonesia dan berhasil selesai lebih cepat dari target waktu yang diberikan. Karena (proyek) dibangun pada kondisi lalu lintas yang padat,” paparnya.

Baca Juga: Hindari Bau & Pemandangan Tak Sedap, Kali Item Jakarta Ditutup Kain Saat Asian Games 2018

Ia pun berharap, melalui kuliah tamu ini dapat lahir engineer-engineer terbaik dari Polinema yang siap menjawab tantangan kontruksi sipil masa depan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Jurusan Teknik Sipil Polinema, Dandung Novianto ST MT. Menurutnya, kehadiran Destiawan sebagai pembicara dihadapan kurang lebih 400 Mahasiswa dapat memberikan pencerahan kepada para mahasiswa dalam dunia Konstruksi.


Reporter: Rahmat Mashudi Prayoga
Editor     : Endra Kurniawan