Mahasiswa ITN Malang Ciptakan 'Alat Ajaib' untuk Bantu PDAM
Agung Laksono Andi, Noor Rochman Yusuf, dan Bachtiar Probo dan alat ajaibnya (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Selama ini, petugas dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di apartemen menggunakan pencatatan manual dengan door to door untuk mengecek meter debit air.

Hal ini menurut para mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, seperti Agung Laksono Andi, Noor Rochman Yusuf, dan Bachtiar Probo Pangestu bisa saja mengganggu privasi penghuni apartemen yang sedang sibuk berkutat di dalam.

Oleh karena itu, ketiga mahasiswa Teknik Listrik ITN Malang ini menciptakan alat monitoring berbasis arduino. Mereka menamainya (Montor Baru) Monitoring PDAM Apartemen Berbasis Arduino. Alat ini dapat memudahkan petugas mengecek debit meter air dengan hanya melalui layar LCD.

“Bisa diletakkan di pos satpam atau di gudang untuk layarnya. Sedangkan untuk mendeteksinya perkamar nanti akan diberi sensor water flow,” ujar ketua tim, Agung Laksono Andi. Sensor water flow inilah yang akan dibantu membaca datanya oleh arduino. Selain penggunaan arduino dan LCD, mereka menggunakan adaptor, kabel jumper, dan keypad.

Alat ini semakin mudah diaplikasikan karena penggunaan LCD dan keypad yang difungsikan untuk memilih kamar berapa yang akan dimunculkan.“Jadi nanti dilayar tinggal klik mau kamar mana yang akan di cek maka keluarlah angkatnya,” imbuh dia.

Sehingga nantinya Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Karsa Cipta ini mampu meringankan tigas PDAM dan menjadi solusi agar privasi tiap kamar terjaga.

PKM-KC ini menjadi salah satu dari sekian PKM yang didanai Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Inovasi ini bisa jadi jika lolos akan bertemu dan beradu paling kreatif di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 32.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Istimewa
Link : www.itn.ac.id

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.