Kunjungi UB, Wagub Jatim Kenalkan Konsep Desa Kota Sehat
Foto bersama, Wagub Jatim Emil Dardak usai pemberian cideramata @Basri/MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Emil Dardak berkunjung ke Universitas Brawijaya Malang (UB) untuk ikut serta membahas beberapa hal terkait perencanaan wilayah. Dirinya ingin mengenalkan konsep urban prural-gates, yakni kaitannya dengan desa kota yang sehat.

“Hari ini seminar internasional yang kebetulan sesuai dengan latar belakang saya tentang perencanaan wilayah,” ucapnya saat ditemui usai mengikuti seminar 4th International Conference Planing in The Era of Uncertainty, Rabu (13/3/2019).

Pria yang baru dilantik menjadi Wagub Jatim ini memaparkan banyak konsep, salah satunya adalah konsep prural township. “Konsep ini mencoba membahas kawasan kota di perdesaan atau kawasan pertumbuhan desa,” jelasnya.

Menurutnya, konsep ini membutuhkan komitmen dari pemerintah setempat. Pemerintah sebagai pengatur wilayah perlu menyediakan transportasi yang bisa diakses oleh masyarakat sehingga mobilitas antar titik di kota bisa terbangun.

“Jadi pemerintah perlu mengosentrasikan jaringan transportasi ke pusat kota. Untuk mengosentrasikan investasi ke pusat,” tambahnya.

Dia menjelaskan bukan berarti bahwa transportasi itu antar-kota di tiap kabupaten atau kota, tetapi lintas titik di dalam kota. “Semacam kecamatan atau kota lintas dua – tiga kecamatan,” terangnya.

Selain itu, suami Arumi Bachsin ini juga mengenalkan konsep cluster development. Konsep pengembangan di kawasan exit tol. “Supaya di kawasan ini tidak mati, maka perlu pengembangan ekonomi,” imbuhnya lebih lanjut.

Dia pun menjelaskan bahwa kawasan ini bisa dikembangkan dengan mengawali residential area. “Seperti di Jabodetabek itu ada kota satelit. Baru setelah itu muncul kegiatan komersial,” paparnya.

Saat ditanya tentang keterlibatan dengan pihak terkait, Emil menjawab masih menunggu. “Karena saya juga baru saja dilantik, ini sebagai pancingan mereka untuk kemudian memberikan feedback,” terangnya. (BAS/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.