KKN 88 UMM Ajarkan Peduli Lingkungan Melalui 'Bungkus'
Mahasiswa kelompok KKN 88 UMM dalam program 'Bungkus' (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kepedulian terhadap lingkungan memang hendaknya ditanamkan sedini mungkin pada generasi bangsa ini. Pasalnya kelestarian lingkungan merupakan sebuah perihal penting yang dewasa ini sering diabaikan. Sehingga, lingkungan yang seharusnya menjadi investasi jangka panjang untuk generasi selanjutnya justru rusak dan dibiarkan dalam kondisi yang memprihatinkan.

Baca Juga: Solusi Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Pupuk Kompos Oleh KKN UMM 55

KKN 88 UMM (Istimewa)

Sadar akan pentingnya kelestarian lingkungan, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 88 Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program bernama ‘Bungkus’, Buang Kumpul Sampah. Program Bungkus ini mengajak anak-anak yang duduk di bangku kelas 4 dan 5 sekolah dasar untuk mengumpulkan sampah. Program ini dilaksanakan di SD N 1 Sukodadi dan SD N 2 Sukodadi.

Program ini secara rutin dilakukan setiap pekannya pada hari Jumat sejak 20 Juli 2018 sampai 3 Agustus 2018. Anak-anak tersebut, diajarkan untuk mengumpulkan sampah menggunakan botol bekas. Sampah-sampah tersebut kemudian ‘ditabung’. Untuk meningkatkan semangat anak-anak dalam mengikuti program ini, Kelompok KKN 88 UMM sudah menyiapkan hadiah bagi mereka yang berhasil mengumpulkan sampah paling banyak.

KKN 88 UMM (Istimewa)

Baca Juga: KKN 20 UMM Adakan Dialog Demi Wisata Kampung Enem Yang Lebih Baik

Program ini bertujuan menanamkan kesadaran akan kebersihan lingkungan sedari dini. Dimulai dari hal sederhana yaitu membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu diharapkan anak-anak ini kelak menjadi generasi penerus bangsa yang lebih memperhatikan kelestarian lingkungan.

Mengutip Republika, pada Minggu (5/8), di Indonesia sendiri, sebaganyak 65 juta ton sampah diproduksi setiap harinya, bisa dibayangkan bukan, akan jadi seperti apa bumi beberapa tahun kedepan?

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani