KKN 67 UMM Gelar Donor Darah di Alun-alun Kota Probolinggo
Donor darah yang diadakan olek KKN 67 UMM bekerja sama dengan PMI Kota Probolinggo dan Diskominfo Kota Probolinggo

MALANGTODAY.NET – Donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung, melancarkan aliran darah, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak lagi.

Mengingat pentingnya donor darah, maka kelompok KKN 67 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi kegiatan donor darah sebagai salah satu rangkaian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mereka adakan.

Baca Juga: KKN 135 UMM Tingkatkan Ekonomi Desa Tulungrejo Lewat Jajanan Dodol

Bertempat  di Alun-alun Kota Probolinggo, Minggu (22/7), kelompok KKN 67 UMM bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Probolinggo dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Probolinggo. Pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan Car Free Day yang rutin diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo tiap Minggu pagi. Tak hanya itu, acara ini juga bertepatan dengan Hari Anak Sedunia

Pada saat acara berlangsung, tim berpencar mengitari area CFD untuk membagikan brosur seputar donor darah sekaligus mengajak pengunjung CFD untuk berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka juga membagikan bunga mawar dalam rangka Hari Anak Nasional. Tak cukup sampai di situ, mereka juga memberikan hadiah kepada pendonor dan menyajikan hiburan berupa live music.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UMM 05 Ajak Siswa SDN 1 Agrosari Gaya Hidup Sehat

Acara ini mendapatkan respon positif dari masyarakat yang hadir dan berpartisipasi. Setidaknya, lebih dari 50 pendaftar dari berbagai usia ikut serta dalam acara ini. Bahkan, beberapa anggota dari tim KKN 67 mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya.

Meskipun dmeikian, ada sebagian kecil dari pendaftar yang tidak bisa mendornorkan darah karena tidak memenuhi persyaratan medis sebagaimana yang telah ditetapkan. Namun meskipun demikian, masyarakat tampak sangat antusias dan diharapkan antusiasme tersebut tidak akan hilang dari masyarakat Kota Probolinggo.


Penulis : Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar