KKN 117 UMM Ajak Siswa SD Biasakan Pola Hidup Sehat Sejak Dini
Foto bersama siswa siswi Kelas 1 dan 2 SDN 01 Ternyang @KKN 117 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Kebersihan adalah pangkal dari kesehatan. Ungkapan tersebut adalah hal yang lumrah di masyarakat kita. Bukan hanya kebersihan lingkungan saja, melainkan juga kebersihan diri yang harus dijaga agar kesehatan seseorang akan senantiasa terjaga. Terlebih lagi kesehatan anak.

Berkaca pada hal tersebut, Divisi Kesehatan dan Lingkungan Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 117 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menggelar program kerja yang mengenalkan anak-anak pada kebiasaan hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri sejak usia dini.

Baca Juga: KKN 135 UMM Tingkatkan Ekonomi Desa Tulungrejo Lewat Jajanan Dodol

Acara ini mengajak anak-anak di SDN 01 Ternyang untuk mencuci tangan dengan bersih dan menggosok gigi dengan benar. Acara ini dilangsungkan Senin (30/7) lalu. Sasaran utama pada acara ini adalah siswa yang duduk di kelas 1 dan 2.

Vega selaku Ketua Pelaksana kegiatan ini mengaku ingin mengajarkan pada anak-anak akan pentingnya menucuci tangan dan menggosok gigi. Tujuannya adalah untuk membiasakan anak-anak dengan pola hidup bersih. Beberapa contohnya seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah buang air kecil maupun besar, setelah bermain, dan rajin menggosok gigi sehabis makan dan sebelum tidur.

Diajak Bersih-bersih Diri, Siswa SD Antusias
Diajak Bersih-bersih Diri, Siswa SD Antusias
Proses melakukan cuci tangan @KKN 117 UMM for MalangTODAY

Program penyuluhan ini disambut dengan antusiasme tinggi dari siswa-siswa SDN 01 Tarnyang. Mereka terlihat bersemangat melakukan kebiasaan sehat yang diperkenalkan pada mereka saat itu.

Dimulai dari penyuluhan cuci tangan dengan benar, siswa mengikuti dengan sangat baik dan memperhatikan setiap langkahnya. Dimulai dari membilas tangan, menuangkan sabun ke telapak tangan, menggosok sela jari-jari, ibu jari, kuku jari dan pergelangan tangan, hingga membilas tangan sampai bersih.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UMM 05 Ajak Siswa SDN 1 Agrosari Gaya Hidup Sehat

Tak cukup sampai di situ, pada kegiatan kedua yaitu sosialisasi gosok gigi, siswa tak kehilangan antusiasmenya. Mereka yang didampingi oleh anggota tim KKN 117 UMM mengikuti setiap instruksi yang diberikan. Dimulai dari berkumur, menggosok gigi dengan gerakan membentuk bulatan dan gerakan atas-bawah. Kemudian mereka menggosok gigi secara bertahap, mulai dari gigi bagian atas-kiri-kanan dan dilanjutkan ke bagian bawah-kiri-kanan. Kemudian diakhiri dengan gerakan dari kiri ke kanan dan ditutup dengan kumur-kumur minimal 2 kali lalu dibuang airnya.

“Harapan kami untuk siswa siswi yang mengikuti penyuluhan gerakan cuci tangan dan gosok gigi supaya siswa-siswi secara dini mengetahui tentang pentingnya pengetahuan cuci tangan dan gosok gigi sejak dini,” tutup Vega.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar