Ketua STPP Malang : Alumni Harus Aktif Wujudkan Swasembada Pangan
Prosesi Wisuda Stpp Malang (yoga)

MALANGTODAY.NET – Ketua Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP Malang), Dr. Ir Siti Mulifah M.Si meminta kepada seluruh alumnus dapat berperan aktif dalam mewujudkan swasembada pangan. Hal tersebut disampaikan kepada 130 wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda di Aula STPP Malang, Selasa (22/8) siang.

“Ketika kembali ke kampung halaman, kiprah yang sudah dilakukan di kampus harus terus dikembangkan,” kata Siti dalam sambutannya.

Selain itu, ia juga berharap alumnusnya mengawal program Kementerian Pertanian dapat dikawal agar tidak sampai terbengkalai. Dikatakannya, sejak berdiri tahun 2001 pihaknya sudah meluluskan sebanyak 1.869 alumni yang memiliki kompetensi dalam bidang pertanian.

“Pemerintah sudah menggelontorkan bantuan, Anda yang harus mengawalnya. Bahkan waktu lalu sempat viral, alat yang yang sebelumnya hanya tertumpuk di NTT, dapat berfungsi karena kiprah alumnus STPP Malang,” paparnya.

Ia menambahkan, para alumni harus mampu menghasilkan regenerasi yang mampu bekerja pada sektor pertanian. Meskipun selama ini, tantangan yang terjadi yakni semakin sempitnya penguasaan lahan untuk pertanian karena banyaknya alih fungsi.

“Berdasarkan sensus pertanian, usia para petani yang lebih dari 40 tahun mencapai 60 persen. Sehingga, ketidaktertarikan para pemuda kepada dunia pertanian menjadi tanggung jawab kita bersama,” tandasnya.

Dalam kesempatan ini, para alumnus yang  seluruhnya aparatur sipil negara itu juga harus berbangga. Sebab dalam tiga tahun terakhir, ijazah lulusan selalu ditandatangani oleh pejabat tinggi negara.

“Mahasiswa kita ini dari beberapa provinsi yakni NTT, NTB, Maluku, Gorontalo, Bali dan Jawa Timur ini tidak perlu ragu, apalagi sekarang nomor ijazah sudah ada penomoran nasional oleh Kemenristekdikti,” pungkasnya.