Ketahui Pentingnya General Check UP Bersama KKN 115 UMM
Suasanana general check up gratis di Dusun Bangsri (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kebanyakan orang berpikir menjaga pola makan, kebersihan lingkungan dan berolah raga secara teratur cukup untuk menjaga kesehatan. Nyatanya, menjaga kebugaran dan kesehatan diri tidak cukup dengan tiga perkara itu. Satu hal lagi yang perlu dilakukan untuk menjaga diri tetap sehat, yaitu  dengan melakukan pemeriksaan kesehatan rutin atau general check up.

General check up sering kali terabaikan, terutama bagi masyarakt desa yang hidup terpencil. Padahal, pemeriksaan rutin ini mampu mengurangi resiko penyakit berbahaya yang tidak menular. Setidaknya penyakit dapat dideteksi sedini mungkin melalui pemeriksaan tersebut dan mendapatkan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa, Warga Druju Demo ke Kejaksaan Kepanjen

Menyadari pentingnya general check up secara rutin ini, Divisi Kesehatan dan Lingkungan kelompok KKN 115 Universitas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Tim Bantuan Medis Mahasiswa (TBMM) melakukan penyuluhan dan general check up secara gratis bagi masyakat Dusun Bangsri, Malang.

Dalam kegiatan tersebut mereka memberikan penyuluhan tentang penyakit diabetes dan pencegahan narkoba. Dengan adanya kegiatan ini panitia berharap kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit sedari dini menjadi lebih tinggi.

Selain itu, mereka juga berharap masyarakat kini lebih patuh pada arahan dari dokter jika mereka berobat. Karena menurut Fadila, penanggung jawab acara, masih banyak warga masyarakat yang tidak mengikuti saran dari para tenaga medis yang memberikan pengobatan pada mereka.

Baca Juga: Prabowo Bagi-bagi Kursi Menteri, Siapa Saja yang Kebagian Jatah?

Wahyu, Koordinator Desa dari kelompok KKN 115 UMM mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, ia berharap warga menjadi sadar bahwa mereka juga bagian dari masyarakat yang diperhatikan. Ia juga berharap pemerintah memberikan perhatian lebih pada kesehatan masyarakat tanpa pandang bulu.

“Serta harapan pribadi saya untuk pemerintah, coba kita perhatikan masyarakat-masyarakat pelosok yang di mana mereka masih perlu dijangkau tanpa memikirkan atasan dan memikirkan posisi sendiri, jangan memikirkan apa yang menjadi keuntungannya sendiri.” Ujar Wahyu.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2018 ini mendapat antusiasme warga. Tercatat hampir 100 orang datang dalam acara yang dilaksanakan di kediaman Kepala Dusun setempat itu. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, dan selesai tanpa ada kendala yang berarti.

Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani