Ilustrasi @kompas
Ilustrasi @kompas

MALANGTODAY.NET – Kuliah di kampus favorit memang menjadi dambaan banyak orang. Apalagi setelah lulus, diterima kerja di perusahaan besar, sekelas unicorn. Sebuah kebanggaan yang tak ternilai harganya.

Tentu ada kaitannya antara kampus favorit dan perusahaan kelas unicorn. Keduanya sama-sama memerlukan orang-orang yang pandai, kreatif, ulet, dan pekerja keras. Tak jarang mereka harus bersusah payah untuk merebut ‘kursi’ agar bisa belajar dan berkarier di sana.

Berbicara istilah unicorn, memang tidak asing bagi masyarakat era sekarang. Bagaimana tidak, perusahaan rintisan ‘bernilai di atas 1 miliar dolar AS’ ini memiliki dampak yang besar dalam kehidupan.

Perusahaan ini tidak hanya mampu menjawab tantangan teknologi, tetapi juga bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi lulusan dari kampus-kampus di Indonesia. Boleh jadi, kampus-kampus tersebut memang menjadi perguruan tinggi incaran banyak orang.

Terkait hal itu, penulis buku Hands-On Blockchain for Phyton Develops, Arjun Sky mencoba memetakan (lulusan) kampus-kampus yang banyak diterima oleh unicorn Indoneisa: Bukalapak, Tokopedia, Go-Jek, dan Traveloka.

Ilustrasi @suar

“Backbone dari unicorn-unicorn itu engineering atau software engineering. Jadi, kebanyakan karyawan unicorn berasal dari jurusan Computer Science atau Information Technology. Artinya universitas yang banyak memasukkan lulusannya ke unicorn, perusahaan digital besar bisa dibilang Fasilkom (Fakultas ilmu Komputer)-nya bagus,” ungkapnya seperti dilansir dari Kompas.com, pada Kamis (16/5/2019).

Dia menambahkan bahwa di antara kampus-kampus favorit di Indonesia, (lulusan ) Universitas Indonesia (UI) dan Intitut Teknologi Bandung (ITB) adalah paling banyak diterima unicorn Indoensia.

“Lulusan Fasilkom universitas besar, seperti UI dan ITB paling banyak dicari, sedangkan universitas swasta dengan Fasilkom sukses adalah bina Nusantara (Binus),” tambahnya.

Arjun pun menjelaskan terkait riset sederhananya itu. Dia melakukan pengumpula data berbasis platform sosial LinkedIn. Hasil penelusuran itulah, kemudian diperoleh pemetaan kampus dan jumlah lulusan universitas dari setiap unicorn.

Lima kampus yang dilirik unicorn Indonesia

Adapun kampus-kampus yang lulusannya banyak diterima oleh unicorn Indonesia adalah, UI, ITB, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Bina Nusantara (Binus), dan Universitas Padjajaran (Unpad).

Bagaimana dengan kampus-kampus di Malang? Tentu kampus-kampus di Malang juga menelurkan lulusan-lulusan yang tidak kalah bersaing dengan lima kampus di atas. Kampus-kampus di Malang juga banyak menyediakan jurusan terkait teknologi, seperti Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Malang, bahkan juga Universitas Muhammadiyah Malang. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.