Terkait Dugaan Plagiarisme di UIN Maliki, Ini Kata Kapolresta Malang
Kapolresta Malang saat ditemui awak media diruangannya @MalangTODAY/Rahmat Mashudi Prayoga

MALANGTODAY.NET – Dugaan plagiarisme yang dilakukan Wakil Rektor 1 UIN Maliki Malang, DR HM Zainuddin, akan ditangani pihak kepolisian hingga tuntas. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri saat bertemu awak media, Senin (9/4).

“Yang jelas, setiap (laporan) perkara yang masuk akan kami tindaklanjuti. Tentu masih terus kami dalami,” kata Asfuri, sapaan akrabnya.

Baca Juga: Kanjuruhan Trail Community Siap Dukung SAE

Terkait perkembangan terbaru, pihaknya mengaku masih menunggu laporan dari penyidik. Pasalnya, beredar kabar bahwa sudah ada para saksi yang diperiksa.

“Kami masih menunggu (laporan). Jadi nama – nama saksi masih di penyidik,” terangnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Forum Independen Masyarakat Malang Raya (FIMM) telah mengadukan plagiarisme buku bertajuk ‘Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab’ ke Polres Malang Kota.

Baca Juga: Honda New PCX 150 cc, Mewah di Jalan dan Anti Maling

Pasalnya, pada Bab V buku karya WR I UIN Maliki itu diduga menjiplak buku berjudul Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi’ karya dari Prof Imam Suprayogo, yang tak lain adalah mantan Rektor UIN Maliki.

Prof Imam Suprayogo pun menyayangkan atas penyaduran buku ini, apalagi yang melakukan adalah seorang dosen. DR HM Zainuddin MA dikabarkan juga telah membuat surat permohonan maaf kepada Imam Suprayogo pada tertanggal 30 November 2016. Namun perkara tersebut ternyata telah dilaporkan ke polisi, sehingga proses penyelidikan tetap berjalan.


Reporter   : Rahmat Mashudi Prayoga
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...