Intip Keseruan Kirab Budaya Semarakkan HUT SMANESI ke-14

MALANGTODAY.NET– Ratusan peserta tumpah ruah dalam kirab budaya untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) SMA Negeri 1 Singosari yang ke-14, Selasa (22/8). Sejak pagi, sekolah yang akrab disebut dengan SMANESI ini sudah dipenuhi peserta didik maupun guru lengkap dengan pakaian adat dari pelosok nusantara.

Waka Kesiswaan SMANESI, Agung Mujianto menjelaskan tujuan kirab budaya untuk mewadahi peserta didik dalam mengeksplor kemampuan di bidang non akademik khususnya dunia seni. “Intinya untuk menggali potensi anak-anak dalam bidang seni, supaya bisa mengeksplor apa yang dia miliki dalam setiap kelas. Jadi kita tau bakat-bakat anak dibidang seni,” tungkas Agung.

Agung melanjutkan, gelaran juga bermaksud untuk menumbuhkan rasa nilai-nilai kebangsaan khususnya nilai nasionalisme yang mulai pudar. “Menumbuhkan rasa kebangsaan dengan diadakan kirab budaya ini. Nilai-nilai kebangsaan yang mulai pudar kita tumbuhkan lewat kirab budaya dengan menampilkan pakaian adat seluruh Indonesia, sehingga kedepannya rasa nasionalisme semakin besar,” lanjutnya.

Tidak hanya menampilkan pakaian adat, dalam kirab ini juga berhadiah menarik yang akan diperebutkan oleh para peserta. Meski demikian peserta, Agung menekankan untuk tidak terlalu mengharapkan hadiah. Ia berpesan bahwa tujuan diadakan kirab budaya bukan untuk mencari hadiah, akan tetapi untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan.

“Nantinya akan ada juara satu, dua, dan tiga. Namun bukan itu yang menjadi tujuan utamanya, melainkan rasa kebersamaan dan kekompakan kalian dalam mempersiapkan semua itu yang jauh lebih penting,” kata pria berkumis ini.

Salah satu warga, Ruli menyambut baik kirab budaya tersebut, dengan adanya gelaran Ia merasa terhibur dan berharap rutin untuk diagendakan setiap tahunnya. “Bagus ya mas, untuk hiburan keluarga dan anak-anak disini serta bisa menumbuhkan nilai kebangsaan. Kalau bisa setiap tahun ada ya mas,” ujar warga Banjararum ini kepada MalangTODAY.

Perlu diketahui, gelaran kirab budaya merupakan rangkaian acara Blessing dan HUT SMANESI ke-14 dan puncaknya esok hari dengan dimeriahkan berbagai penampilan band asal Kota Malang dan macam-macam hiburan menarik lainnya.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here