Ini penyerahan hadian lomba Agustusan@Dok.KKN 03 UMM

MALANGTODAY.NET– Setelah lebih dari satu bulan mengabdi, kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KNN) 03 memberikan hadiah spesial untuk masyarakat Gunung Jati, Jabung, Malang. Hadiah perpisahan tersebut berupa gelaran festival dengan tajuk ‘Kemilau Penutupan KKN 03 Gunung Jati UMM’.

Festival inisiasi divisi Sosial dan Budaya, divisi Pendidikan dan Keagamaan KKN 03 tersebut diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus lalu. Berbagai rangkaian acara pengumuman serta penyerahan hadiah lomba 17 Agustus, orkes, penyerahan plakat, pelepasan lampion serta pertunjukan pentas seni dari mahasiswa KKN 03, anak-anak dan remaja Desa Gunung Jati tersebut.

Tari topeng malangan oleh pemuda karang taruna@Dok.KKN 03 UMM

Festival yang dimulai sejak pukul 18.00 WIB ini disambut baik dan meriah oleh warga Desa Gunung Jati. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya warga yang datang untuk memeriahkan acara festival ‘Kemilau Penutupan KKN 03 Gunung Jati UMM’. Terutama keluarga dari anak-anak mereka yang memenangkan perlombaan 17 agustusan.

Tari topeng malangan

Tidak lupa pentas seni pertunjukan tari topeng khas Jabung untuk memperkenalkan dan menunjukkan kembali bahwa Kecamatan Jabung memiliki tarian tradisional khas warga disini.

Ide ini dilakukan karena informasi dan pengamatan salah satu mahasiswa KKN 03 UMM yang sedang mempelajari tarian tersebut, bahwa kurangnya minat generasi baru untuk mempelajari tarian tersebut. Hanya tinggal sesepuh-sesepuh pendahulu dan satu penerus dari remaja Desa Gunung Jati yang mempelajari tarian khas kecamatan mereka.

Penyerahan cinderamata dari kelompok KKN 03 UMM 2019 kepada perangkat desa@Dok.KKN 03 UMM

Pertunjukan pentas seni tari topeng di festival tersebut dibawakan oleh seorang mahasiswa KKN 03 UMM atas nama Rina Zakiyah, fakultas FKIP jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dengan tarian Jejer, dan seorang remaja desa Gunung Jati yang meneruskan tari khas mereka atas nama M. Dwiki Reza dengan tarian Gunung Sari.

“Harapannya dengan ditampilkannya tarian ini, banyak generasi baru yang akan melestarikan tarian khas Jabung serta dikenal sampai luar negara Indonesia,” ungkap salah satu panitia, Rina Zakiyah

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.