Produk yang sudah selesai dibuat@Dok.KKN 125 UMM

MALANGTODAY.NET – Mahasiswa KKN kelompok 125 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) khusunya Divisi ekonomi dan Kewirausahaan memiliki cara sederhana dalam mengajari warga Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kab. Malang dalam pembuatan selai dari bubuk kopi dan teh dari kulit kopi.

Para mahasiswa ini mengajak masyarakat Desa Jambuwer untuk memanfaatkan kopi dengan cara kreativitas lain seperti selai dari bubuk kopi, yang biasanya kopi hanya untuk diminum saja bubuk kopi juga bisa dikreativitaskan menjadi selai kopi.

Tidak hanya selai dari bubuk kopi saja, mahasiswa juga memberi tahu warga bahwa kulit kopi yang biasanya untuk makanan ternak warga bisa dibuat menjadi minuman teh dari kulit kopi. Cara yang dilakukan untuk membuat selai kopi sangat mudah untuk dilakukan seperti pada umumnya membuat selai, hanya saja di tambahkan pada bahannya yaitu bubuk kopi merah khas kopi Desa Jambuwer.

Pemberian materi kepada peserta pelatihan@Dok.KKN 125 UMM
Dihadiri ibu-ibu PKK 

Selama acara pembuatan selai kopi dan teh dari kulit kopi di Balai Desa Jambuwer berlangsung, hadirnya ibu PKK dan ibu Gapoktan yang ikut serta ibu Kepala Desa Jambuwer dan ibu Kepala Dusun Bulupogok, Glagaharum, Krajan, Cakru’an, Rekesan menambah kemeriahan acara ini.

“Selai kopi ini memiliki rasa yang unik, karena saya baru pertama kali mencoba dan baru pertama kali ada selai kopi ini. Untuk masker kopi juga saya ingin resepnya dan bisa juga untuk remaja dan mungkin ibu-ibu di Desa Jambuwer ini bisa merasakan kopi yang tidak hanya diminum juga dibuat masker agar bisa merasakan” tutur Bu Sita Gapoktan Desa Jambuwer.

Prosesi foto bersama@Dok.KKN 125 UMM

Respon masyarakat Desa Jambuwer tentang teh dari kulit kopi juga sangat antusias karena kulit kopi yang biasanya untuk makanan ternak bisa juga diolah dengan minuman teh, seperti yang dikatakan salah satu warga tersebut.

“aromanya harum enak segar, walaupun berbeda seperti teh melati biasanya tapi ini enak teh dari kulit kopi. Jadi nanti kalau bikin di rumah dan bikin penasaran orang-orang bilang aja buat teh kopi, kalau penasaran suruh mencoba langsung” ujar salah satu warga Desa Jambuwer.

Penulis: Erlinda KKN 125 UMM
Editor : Bang Een

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.