MALANGTODAY.NET – Memiliki hobi yang dapat membuahkan prestasi merupakan kepuasan tersendiri. Seperti halnya mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang, Muhammad Arif Setiawan ini.

Saat ditemui radarmalang.id pagi tadi (9/7), Arif, mengaku menggeluti business plan yang termasuk di bidang riset ini semenjak ia bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma).

“Kalau gabung dengan Kopma sudah dari semester satu. Kalau ikut lomba-lomba waktu saya semester empat dulu, salah satunya lomba dari Dinas Koperasi Jawa Timur. Alhamdulillahnya waktu itu dapat juara tiga,” beber mahasiswa jurusan akuntansi tersebut.

Selain itu, Arif mendapatkan kesempatan lolos seleksi lomba Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) ke-XI di cabang Riset untuk presentasi Business Plan. Mahasiswa asal Banjarmasin itu mengikuti seleksi cabang Riset untuk business plan dengan mengajukan proposal dan kini dia berhasil masuk sepuluh besar.

Di lomba kali ini, Arif rencananya akan mempresentasikan tentang olahan bahan dasar ikan. Dia telah mempersiapkan PIONIR dengan melakukan riset selama dua bulan.

“Ide ini bertujuan untuk membantu atau ingin kembali menggaungkan program pemerintah yaitu Gemar Makan Ikan,” imbuhnya.

Arif berharap, dirinya bisa masuk tiga besar juara dalam cabang lomba riset Business Plan dalam PIONIR IX 2019 ini. Namun dirinya juga tetap bersyukur apabila hanya menjadi finalis saja.

PIONIR ke-IX tahun 2019 akan dilaksanakan pada 15-21 Juli mendatang di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang. Selain cabang riset, PIONIR yang merupakan kompetisi antar kampus Islam se-Indonesia ini juga menyelenggarakan lomba karya Ilmiah, Seni, dan Olahraga.

Pewarta: Elsa Yuni Kartika
Foto: Elsa Yuni Kartika
Penyunting: Fia

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.