UM Siapkan 1792 Komputer dan Gandeng 4 Kampus untuk UTBK
Universitas Negeri Malang (Basri)

MALANGTODAY.NET – Universitas Negeri Malang (UM) telah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pihaknya mengaku telah menyiapkan 1792 komputer agar UTBK berjalan lancar.

“Jumlah ini sudah mencakup semuanya, termasuk di UM dan 4 kampus mitra lainnya,” ujar Kepala Biro TIK UM, Mahmudin Yunus sambil menunjukkan data di komputernya pada Jumat (1/3/2019).

Selain jumlah komputer tersebut, UM juga menyediakan komputer cadangan sebanyak 253. Pihaknya juga menyediakan komputer khusus bagi penyandang difabel.

Mahmudin juga menjelaskan bahwa penyandang difabel akan ditempatkan di ruangan khusus. “Difabel nanti kita tempatkan di satu lokasi khusus di UM. Khusus satu ruangan dengan komputer yang berbeda juga,” jelasnya.

Tidak hanya persiapan komputer saja, UM juga mengajak kampus lain sebagai mitra penyelenggara UTBK. “Selain di UM, kami juga akan bermitra dengan 4 kampus lainnya, yakni UIN, UMM, Unisma, dan Unmer,” tambahnya.

Mahmudin, sapaannya juga mengatakan akan mempersiapkan hal-hal terkait UTBK di masing-masing lokasi tersebut. Selain itu juga akan diadakan ujicoba secara serentak di lima lokasi ujian.

“Tanggal 4 Maret itu akan dipersiapkan di masing-masing unit (lokasi ujian). Tanggal 9 Maret juga akan diadakan ujicoba serentak di masing-masing tempat secara nasional,” jelasnya.

Dia menjelaskan bahwa persiapan dan ujicoba itu berkaitan dengan koneksi dan server di masing-masing lokasi ujian. “Semua, termasuk UM dan kampus mitra,” tambahnya.

Karena masih persiapan, pihaknya belum bisa memastikan jika terjadi trouble atau kendala teknis. Namun hal itu sedang dibahas dalam suatu forum workhsop dan pelatihan pelaksanaan UTBK di Hotel Ariya Gajayana bersama kampus mitra.

“Masih dibahas dalam workshop. Lagian persiapannya masih tanggak 9 Maret nanti, jadi belum tahu,” pungkasnya. (BAS/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.