CAPTION, Inovasi Penghasil Listrik Bagi Para Nelayan
CAPTION, Inovasi Penghasil Listrik untuk para Nelayan (Jazila)

MALANGTODAY.NET – Berawal dari kurang meratanya elektrifikasi pada masyarakat pesisir yang menimbulkan kesenjangan dan menurunnya kesejahteraan bagi pelayan, tiga mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya membuat inovasi teknologi yang berjudul Cantilever Piezoelectric Energy Harvester with Energy Bank System for Fisherman (CAPTION).

“CAPTION berusaha menawarkan alternatif solusi dengan memanfaatkan gelombang laut dan kantilever piezoelektrik,” ujar ketua tim Kevin Rachman Firdaus.

Baca Juga  Pendeteksi Bencana Alam Karya Mahasiswa FT UB Menangi IYIA 2018

Dijelaskan oleh Kevin, piezoelektrik adalah alat pemanen energi yang bersumber dari getaran dan diubah menjadi tegangan listrik.

Sementara sistem kantilever menghasilkan getaran dan defleksi secara berulang. Sistem ini menghasilkan energi listrik yang murah dan mudah diaplikasikan.

Baca Juga  Tingkatkan Efisiensi Kerja Petani Tambak, Dosen TI UM Kembangkan Feeder Ship

“Alat ini (CAPTION) berbentuk gearbox yang diletakkan pada sisi kiri dan kanan kapal yang berisi pelampung, mekanisme gear, blade serta kantilever piezoelektrik,” terangnya kepada reporter MalangTODAY.net, beberapa waktu yang lalu.

“Selain itu, alat ini dilengkapi juga dengan energy storage berupa accumulator untuk menjadi energy harvester,” tambah Kevin.

Baca Juga  Teknologi Ini Ternyata Berbahaya Loh, Jika Berhasil Diwujudkan!

Lebih lanjut, Kevin menjelaskan CAPTION dapat menghasilkan energi sebesar 17,84 Wh hingga 22,12 Wh dan bisa bertambah apabila dikembangkan.

Untuk digunakan oleh nelayan di pesisir, alat yang diciptakan oleh Kevin bersama timnya, yaitu Ariq Kusuma Wardana dan Mohammad Mufti Fajar ini tergolong ekonomis. Produksi alat ini hanya menghabiskan biaya sekitar Rp 950 ribu.


Reporter: Jazilatul Humda
Editor: Swara Mardika

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.