Malam penganugerahan Kemahasiswaan Kegiatan Mahasiswa di auditorium lt. 2 gedung D kemenristekdikti, Senayan (ist)
Malam penganugerahan Kemahasiswaan Kegiatan Mahasiswa di auditorium lt. 2 gedung D kemenristekdikti, Senayan (ist)

MALANGTODAY.NET Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Ismunandar menilai mahasiswa harus siap menghadapi berbagai tantangan Revolusi Industri 4.0. Seperti pengembangan riset, inovasi, teknologi, dan pendidikan tinggi.

“Kita hidup di abad paling inovatif dalam sejarah umat manusia. Waktu antara invensi dengan inovasi sudah amat dekat. Perubahan cepat itu ditandai dengan banyak fenomena big data, clouds, internet of things, super komputer, robot pintar, mobil tanpa awak, hingga manipulasi genetik (DNA), dan lain-lain,” ujar Ismunandar.

“Saat ini dan mendatang kita akan mempersiapkan tenaga kerja terampil (skilled workers) yang berpendidikan hingga ke jenjang pendidikan tinggi, berjiwa wira usaha, berwawasan global dan berdaya saing tinggi,” tambahnya

Untuk mencetak generasi penerus ini, Kemenristekdikti tentu tidak bisa melakukannya tanpa campur tangan dari berbagai pihak, terutama Perguruan Tinggi. Sebagai apresiasi untuk pihak yang berhasil menyokong misi tersebebut, Kemenristekdikti akan memberikan penghargaan.

Seperti yang diberikan kepada Universitas Negeri Malang (UM) beberapa waktu lalu. UM berhasil meraih penghargaan sebagai perguruan tinggi terbaik penyelenggara Belmawa pada National University Debate Championship (NUDC).

Dengan diperolehnya penghargaan tersebut, UM bertekad untuk terus berbenah diri dengan harapan bisa memperoleh prestasi yang lebih gemilang.

“Dengan prestasi yang diraih ini Kami berkomitmen untuk menjadi lebih baik lagi di masa mendatang. Kami yakin dengan usaha dan kerja keras berbagai pihak akan menjadi batuan semakin lebih baik,” ujar Kepala Bagian Kemahasiswaan, Drs Taat Setyohadi.

Selain itu, tahun ini Kemenristekdikti juga mulai memberikan penghargaan Sistem Informasi Manajemen Pemerintahan Mahasiswa (simkatmawa), Penghargaan Pengakuan Perguruan Tinggi dengan Mahasiswa Berwirausaha, Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat, Prestasi Mandiri (Non belmawa) dan prestasi belmawa.


Penulis : Ilham Musyafa
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.