Berkreasi! KKN 117 UMM Bersama Warga Ternyang Bangun Taman Semak Sewu
Taman Semak Sewu (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Divisi Kesehatan dan Lingkungan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 117 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan program kerja di Desa Ternyang, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

Program kerja yang diusung oleh divisi Kesehatan dan Lingkungan beserta seluruh anggota KKN lainnya memiliki target utama yaitu membantu warga dalam mendesain taman Semak Sewu dan membantu pengerjaan pembuatan taman tersebut.

Baca Juga: 5 Makanan Ini Nggak Baik Buat Sarapan! Nomor 4 Makanan Sejuta Umat

Tak hanya itu, KKN 117 UMM juga menyerahkan tempat sampah basah dan tempat sampah kering. Penyerahan tempat sampah basah dan tempat sampah kering bertujuan untuk memberikan edukasi pada warga bagaimana cara membuang sampah sesuai dengan jenisnya.

Berkreasi! KKN 117 UMM Bersama Warga Ternyang Bangun Taman Semak Sewu
pemberian tempat sampah (istimewa)

Fyruz Muhammad Zulfi sebagai ketua pelaksana kegiatan pembuatan taman tersebut memiliki sasaran utama, ingin membangun sebuah taman terbuka hijau yang terletak di Dusun Krajan Ternyang. Menurutnya, pembuatan taman ini bertujuan untuk memperlihatkan ikon desa ternyang sekaligus sebagai tempat bersantai bagi warga sekitar.

Bapak Rahmat Adhari sebagai penanggung jawab terlaksananya kegiatan pembuatan taman, berperan penting dalam pengerjaan taman tersebut sebagai pihak yang meluruskan ide-ide dari mahasiswa agar selaras dengan ciri khas desa Ternyang ini.

Baca Juga: Disparbud Kabupaten Malang Resmikan Wisata Religi Sumber Nyolo

Proses awal pembuatan taman dimulai dari mendesain Taman Semak Sewu dengan pembuatan gambar layout dan tata letak taman. Desain ini dirancang oleh Alfian Putra Perdana yang merupakan salah satu anggota KKN 117 UMM. Proses selanjutnya yaitu pemilihan tanaman hias dan jenis rumput yang akan ditanam.Selain merancang taman, tim divisi kesehatan dan lingkungan juga membuat rancangan kamar mandi yang akan dibangun di taman.

Berkreasi! KKN 117 UMM Bersama Warga Ternyang Bangun Taman Semak Sewu
pembuatan Taman Semak Sewu (Istimewa)

Pada taman tersebut diberi tempat sampah basah dan tempat sampah kering agar masyarakat senantiasa selalu membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenisnya masing-masing meskipun terdapat sungai di samping taman Semak Sewu tersebut.
Harapan dari Taman Semak Sewu ini agar masyarakat tetap bisa menjaga lingkungannya.

Baca Juga  Peringatan Bagi Pecinta Pedas, Awas Kehilangan Kepekaan Rasa!

Penulis : Chusnul Chotimah
Editor : Kistin Septiyani

Loading...