Berbakat Menjadi Pengusaha, 3 Mahasiswa UM Sabet Juara 2 di KMI
Perwakilan dari Universitas Negeri Malang dalam Expo kewirausahaan mahasiswa Indonesia (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) sebagi Agent Of Change berhasil menyabet juara 2 kategori teknologi dalam ajang ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) IX 2018 yang diselenggarakan di Kampus Darmaga Institut Pertanian Bogor (IPB) (9/11/2018)

KMI merupakan salah satu program kewirausahaan untuk mahasiswa dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) sekaligus ajang pertemuan mahasiswa wirausaha se-Indonesia yang telah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap atau jiwa wirausaha.

Baca Juga: Disnaker Gelar Job Fair, Pemohon Kartu Kuning Didominasi Luar Kota Malang

Dengan mengusung tema bertajuk Penguatan Wirausaha Mahasiswa Indonesia melalui Techno-Sociopreneurship menghadapi Revolusi Industri 4.0, 3 mahasiswa UM berhasil membawa pulang hadiah senilai Rp 6 juta.

Mahasiswa UM yang juara KMI adalah Muh. Ihsan Yudha Pradana, Ilham Mubarak, dan Syarif Al Haramain sebagai agent of change yang dapat mengubah pola pikir (mindset) mahasiswa lainnya dan masyarakat pada umumnya dari pola pikir pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Terdapat 5 kategori yang diperlombakan yaitu makanan dan minuman, produksi dan budidaya, jasa dan perdagangan, industri kreatif dan teknologi.

Sedangkan program ini bertujuan untuk mendorong kelembagaan atau unit kewirausahaan di 150 perguruan tinggi negeri maupun swasta agar dapat mendukung pengembangan program-program kewirausahaan.

Sebagai hasil akhir, diharapkan terjadinya penurunan angka pengangguran lulusan pendidikan tinggi. Selain itu pelaksanaan ekspo KMI juga sebagai ajang untuk menampilkan kreativitas wirausaha mahasiswa Indonesia, forum untuk membangun jejaring dan kerjasama bagi wirausaha muda Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan terbentuknya Indonesian Student Entrepreneurship Network.

Yudha salah satu anggota kelompok mengutarakan bahwa kegiatan KMI sangat positif untuk masa depan mahasiswa.

Baca Juga: Palsukan Rekapitulasi Uang Perusahaan, Wanita Ini Masuk Bui

“Melalui kegiatan ini, jiwa wirausaha pada diri mahasiswa akan semakin kuat dan tidak hanya mendepankan keuntungan semata dalam menjalani wirausaha, akan tetapi juga untuk kesejahteraan banyak orang,” ujarnya

“Khususnya mahasiswa UM, berwirausahalah dan sejahterakanlah orang lain dengan wirausaha. Saya berharap semoga prestasi UM dalam ajang ini akan terus berlanjut pada kegiatan yang akan datang,” pesan dia.

Baca Juga  Pelaksanaan SBMPTN, Ini yang Harus Diperhatikan Peserta di Kota Malang

Reporter : Jazilatul Humda
Editor : Kistin S

Loading...