MALANGTODAY.NET – Karya tiga mahasiswa Universitas Islam Malang (Unisma) ini bisa jadi kabar gembira bagi para peternak kambing di Malang Raya. Karena alat temuannya bisa membantu dalam menenangkan kambing saat peternak akan menyuntiknya.

Mereka adalah Nurkasanah, Febri Hariyadi, dan Ayu Rahmanda. Sedangkan, alat yang dibuat adalah kuribing atau kursi kambing. Di mana alat ini berupa kursi portabel inseminasi buatan (IB) untuk menyuntik para kambing agar tidak berontak.

”Ide ini muncul dari keresahan peternak yang ingin mereproduksi kambing dengan cara inseminasi buatan,” kata Ayu Rahmanda, kemarin.

Menurut dia, jika melalui perkawinan alami, jumlah anak kambing yang dihasilkan tak sebanyak inseminasi buatan.

Bahkan, terkadang mengalami kegagalan selama kawin alami tersebut. ”Kami berharap hal ini bisa memperbaiki kualitas genetik anak kambing,” terangnya.

Alat ini juga sudah dilakukan uji coba di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Di mana dari 10 kambing yang dilakukan uji coba, sebanyak 6 kambing berhasil bunting.

”Alat ini portabel. Jadi bisa dibawa menggunakan sepeda motor,” ungkap dia. Sedangkan alat ini juga masuk dalam program kreativitas mahasiswa (PKM). (san/c1/im)

Pewarta : Sandra Desi
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.