Ajak Anak Belajar Lewat Film Pendek Ala Tim KKN 43 UMM
Antusiasme anak-anak Dusun Gampingan m,enonton film pendek karya mahasiswa @KKN 43 UMM for MalangTODAY

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka memperingati hari anak yang jatuh pada 23 Juli, kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) 43 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menginisiasi sebuah kegiatan bertajuk Nonton Bareng Film Anak. Kegiatan ini diadakan di Dusun Gampingan, Desa Wonokerto, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Bertempat di Posko KKN 43 UMM, acara ini dilaksanakan pada Minggu (22/3) lalu pukul 09.00 hingga 11.00 siang. Antusiasme anak-anak Dusun Gampingan amat tinggi ketika diajak untuk menonton film.

Baca Juga: KKN UMM 135 Adakan Penyuluhan Kesehatan Untuk Siswa SD

Kegiatan ini bekerja sama dengan Kine Klub UMM yang menayangkan 3 film karya mereka, yaitu Nilep, Rena Asih, dan Mak Cepluk. Tiap-tiap film menyuguhkan pesan moral yang mudah ditangkap oleh anak-anak.

Pada film Nilep, terkandung makna akan larangan mencuri dan memiliki jiwa pendendam. Film Rena Asih mengajarkan anak-anak untuk selalu bersyukur, tidak pantang menyerah, dan harus berbakti pada orang tua. Adapun film Mak Cepluk mengajarkan pesan kesetaraan gender dan ajakan untuk melestarikan permainan tradisional di tengah perkembangan teknologi yang kian ciamik. Film terakhir menjadi favorit anak-anak tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa KKN UMM 05 Ajak Siswa SDN 1 Agrosari Gaya Hidup Sehat

Emi Sagita selaku Ketua Pelaksana mengaku motif dibalik penyelenggaraan acara ini adalah memberikan pembelajaran pada anak lewat media film. Anak diharapkan mampu menyerap apa yang ditontonnya untuk kemudian diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini sengaja kami selenggarakan agar anak-anak yang ada disekitar desa Wonokerto ini selain dapat mengambil makna yang terkandung dalam film-film yang ditayangkan juga dapat menerapkan dalam kesehariannya.” ujar Emi.


Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar

Loading...