Tahun Depan Penerima Beasiswa Perguruan Tinggi Positif Naik
Ilustrasi Beasiswa (Ist)
MALANGTODAY.NET – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun depan memastikan, jumlah penerima beasiswa akan naik. Untuk program Bidikmisi, penerima baru sejumlah 80 ribu mahasiswa, dengan peningkatan biaya hidup sebesar Rp 50 ribu per bulan untuk masing-masing mahasiswa.
Tak hanya itu, penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan (Adik) baru juga meningkat sebanyak 2.500 orang.
Sedangkan untuk beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) kuotanya menjadi 130.000 mahasiswa. “Penambahan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses pendidikan pada perguruan tinggi,” terang Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Munawir Razak, melalui keterangan tertulis yang diterima MalangTODAY.net beberapa saat lalu.
Menurutnya, bantuan pendanaan pendidikan bagi mahasiswa khususnya diploma dan sarjana itu meningkat dibanding tahunbsebelumnya. Tahun 2016, total penerima beasiswa bidikmisi sebanyak 307.833 mahasiswa, kemudian beasiswa Adik 3.046 mahasiswa dan PPA 61.904 mahasiswa yang tersebar di seluruh perguruan tinggi di Indonesia.
Sedangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan, lanjutnya, kemenristekdikti bakal melakukan upaya pencegahan ijazah palsu melalui penomoran Ijazah Nasional (PIN) dan Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik (SIVIL).
Selain itu, juga dilakukan upaya akreditasi program studi melalui BAN-PT, dimana pada tahun 2016 jumlah prodi yang terakreditasi A mengalami peningkatan sebesar 2.356 prodi  dibandingkan tahun 2015 yang sebanyak 1.785.
Sementata pada tahun 2017, Kemenristekdikti juga terus melanjutkan program prioritas dan melakukan beberapa terobosan baru. Diataranya program beasiswa diploma dan sarjana (bidik misi, Adik dan PPA), Program Revitalisasi Pendidikan Vokasi (Politeknik), Pemberian Hibah kepada PTS, Kontrak World Class Professor, Program detasering dosen, program STP,
“Selanjutnya adalah program beasiswa S2 dan  S3, paket-paket bantuan pendanaan riset dan pengembangan, hingga program-program peningkatan inovasi termasuk mendorong lahirnya perusahaan pemula berbasis teknologi,” tutupnya.

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here