Pemkot Malang Serius Akan Kembangkan Konsep Wisata Halal
Wali Kota - Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji Sofyan Edi (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kota Malang akan melanjutkan rencana pengembangan konsep wisata halal yang sudah lama digagas untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Wisata halal sudah dideklarasikan dua tahun yang lalu, sekarang kita berupaya untuk itu,” ujar Sutiaji kepada awak media, usai pidato penyampaian visi dan misi, beberapa waktu lalu.

Kota Malang tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai, layaknya Kabupaten Malang dan Kota Batu. Oleh karena itu, konsep wisata halal atau biasa disebut halal tourism akan dikembangkan, di samping wisata heritage yang menjadi andalan Kota Malang.

“Dua tahun lalu kalah dengan Lombok, ketika dilakukan vote,” ucapnya.

Baca Juga: Problematika Pencemaran Sungai Bagi Makhluk Hidup Hingga Lingkungan

Seperti yang diketahui,  Pulau Lombok berhasil menyabet dua penghargaan sebagai pemenang dalam kategori World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination, pada ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

“Jadi ada beberapa persyaratan, mungkin nanti kalau bisa ada mall halal dan hotel halal,” ujar orang nomor satu di Kota Malang tersebut.

Lebih lanjut, Sutiaji menjelaskan terkait perbedaan hotel syari dan halal, karena keduanya tidak sama. Yang akan dikembangkan di Kota Malang, yakni hotel berkonsep halal.

Baca Juga: Belum ke Palu, Prabowo: Saya Tak Mau Wisata Bencana

“Kalau hotel syari harus menunjukkan KTP status suami istri. Kalau hotel halal itu di kamar-kamar harus ada alat sholat, Al-Quran atau kitab-kitab suci agama, kuota pengunjung dan fasilitas tempat ibadah itu SOP nya terpenuhi,” ucap orang nomor satu di Kota Malang itu.

Membahas terkait makanan dengan konsep halal tourism, menurut Sutiaji destinasi halal tourism nantinya identik dengan gerakan vegetarian karena bahan dan prosesnya yang halal.

“Jadi kita nanti tidal menggunakan halalan thayyiban tapi HAS, yaitu halal aman dan sehat,” pungkasnya.

Baca Juga: Viral Video Tangan Misterius yang Muncul di Kolam Renang, Tangan Hantu?


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...