ads

MALANGTODAY.NET –  Punjul Santoso, Wakil Walikota Batu mengatakan pemerintah Kota Batu sudah menyiapkan anggaran terkait dengan pengadaan program Smartcity. program Smart City merupakan suatu program dengan bentuk software yang diharapkan bisa  membantu sektor pertanian di Kota Batu. 

“Program Smart City ini nantinya akan digunakan mulai dari pemerintah kota sampai pemerintah Desa. Disamping itu juga untuk melatih SDM di masing-masing kecamatan maupun desa,” urainya.

Adanya Smart City ini diharapkan dapat mempermudah penjualan hasil pertanian karena bisa mempertemukan secara langsung antara pembeli dan petani.


“Misalnya kita ingin tahu harga kubis di daerah Sidomulyo itu berapa, di Smart City kita bisa tahu harga kubis. jadi bisa tercipta transparansi antar petani,” jelasnya.

Punjul Santoso menegaskan,  anggaran yang digunakan untuk program Smartcity ini sudah dipersiapkan yakni sekitar 10 milyar. Dikatakannya, hal ini tinggal menunggu penerapan saja.

“Anggaran 10 milyar yang digunakan dalam Smart City ini berupa perangkat software. perincian penggunaan dari anggaran tersebut sudah meliputi pengadaan alat serta teknisi,” pungkasnya.(sol)