Sedikitnya 15 Ribu Rumah Tak Layak Huni Berada di Kabupaten Malang
Bupati Malang, Rendra Kresna mengatakan sekitar 15 ribu rumah tak layak huni di Kabupaten Malang belum tersentuh bedah rumah @MalangTODAY/Dhimas

MALANGTODAY.NET – Bupati Malang, Rendra Kresna menegaskan, potensi UMKM di Kabupaten Malang sangatlah besar. Namun sayanganya, masih belum dapat dimaksimalkan karena terkendala oleh permodalan. Rata-rata, UMKM tersebut belum memiliki kualifikasi sebagaimana persyaratan dari perbankan.

“Jadi kami terus mendorong, agar lebih banyak perbankan yang membuka kesempatan dengan syarat yang lebih mudah,” katanya pada Media beberapa saat lalu.

Jumlah UMKM yang dimiliki Kabupaten saat ini menurutnya tidak kurang dari 473 ribu. Namun yang sudah tersentuh bank, hanya lima persen saja. Angka ini sangat jauh dari harapan pemerintah daerah. Sedangkan usaha kecil yang visible atau memiliki kemampuan membayar kredit tidak kurang dari 50 persen.

“Dengan beberapa lembaga keuangan, percepatan atau inklusi keuangan pun sudah kami lakukan,” tambahnya.

Salah satunya, lanjut Rendra, adalah dengan membentuk tim percepatan akses keuangan daerah (TPKAD) bersama otoritas jasa keuangan (OJK). Tim tersebut dirasa sangat efektif dalam mengembangkan pengucuran dana pada rakyat yang tepat sasaran.

“Sejauh ini sangat efektif sekali pembentukan TPKAD ini,” tutupnya.

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here