Yeay, Pemerataan Layanan Broadband Indonesia Bakal Kelar Di 2019
Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara

MALANGTODAY.NET – Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara menargetkan, pemerataan broadband atau pita lebar ke seluruh wilayah Indonesia dapat rampung di 2019. Sebab, saat ini, kecepatan jaringan internet yang masih maksimal masih terbatas di Jakarta.

“Tapi Indonesia kan bukan hanya Jakarta,” katanya beberapa saat lalu.

Menurutnya, saat ini kecepatan internet Indonesia berada diperingkat ke empat Asean setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand. Sedangkan Jakarta sendiri menempati posisi ke dua, dengan kecepatan setara Los Angeles.

“Ini adalah tantangan bagi pemerintah untuk segera melakukan pemerataan,” tambahnya.

Pemerataan itu menurutnya sangat penting. Karena akan mendukung berbagai konten untuk segala kepentingan perekonomian. Seperti terciptanya aplikasi yang dikhususkan untuk perkembangan pertanian salah satunya.

Tak hanya itu, lanjut nya, broadband juga penting untuk memperluas keuangan inklusi. Sebab, pengguna smartphone di Indonesia sudah mencapai 165 juta. Sedangkan mereka yang memiliki rekening di lembaga perbankan hanya 60 juta saja dari totol penduduk Indonesia. Artinya, ada peluang besar untuk mengembangkan keungan inklusi tersebut.

“Jadi tidak hanya akses ekonomi, tapi juga pendanaan,” tambahnya.

Sementara untuk memperlancar pertumbuhan ekonomi berbasis digital, menurutnya pemerintah lebih pada memberi ruang dan fasilitas. Sedangkan regulasi sepenuhnya diserahkan kepada pelaku bisnis untuk kemudian ditindaklanjuti Kominfo.

“Kalau hanya tergantung kepada Kominfo, kami tidak tahu banyak. Karena yang di lapangan adalah pengusaha sendiri,” pungkas Rudi.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here