Kisruh Pasar Blimbing, Anton Desak Investor dan Pedagang Bertemu
Proses pembongkaran pasar Blimbing, 16 Desember 2016 (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Proses pembangunan Pasar Blimbing masih juga belum ada titik temu. Sudah tujuh tahun, kisruh pasar yang menghidupi ribuan pedagang itu terus berlanjut.

Ketua Komisi C DPRD Kota Malang, Bambang Soemarto menyebutkan, pembahasan terkait block plan dan siteplan sudah dibicarakan dan difasilitasi oleh DPRD. Namun untuk kebutuhan relokasi pedagang sejauh ini belum juga dibicarakan.

“Kalau mau ada relokasi, kami harus memfasilitasi juga karena ini bentuk dari proses. Tapi kan sejauh ini masih belum ada komunikasi,” katanya, Senin (20/3).

Sementara terkait adanya rencana pembangunan yang akan dimulai pihak investor yakni PT Karya Indah Sukses (PT KIS) Malang di minggu ini, ia pun mendukung dengan catatan harus disepakati semua pihak.

“Tapi kalau belum ada kesepakatan ya jangan dulu. Karena pembangunan kan harus memenuhi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi,” tegas Bambang.

Proses yang cukup panjang ini menurutnya harus menjadi bahan evaluasi bagi semua pihak. Baik pemerintah kota, investor, maupun pedagang itu sendiri. Harus ada komunikasi baik yang harus dijalin secara terus menerus.

Itu sebabnya, lanjut Bambang, pihak dewan sebelumnya juga mengusulkan agar rapat koordinasi dilakukan terjadwal. Sehingga setiap kesepakatan yang dibuat tidak menggantung dan terputus.

“Pemerintah, investor dan pedagang, berita acaranya dibawa ke dewan.
Kalau sudah diperkuat maka tidak ada alasan bagi setiap pihak untuk mengingkari setiap kesepakatan yang ada,” tegasnya. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here