Pekerjaan Rumah Besar, Bersihkan Pantai dari Sampah
Bersih-bersih pantai Sendiki di Tambakrejo Sumawe @istimewa

MALANGTODAY.NET – Kabupaten Malang selama ini telah tersohor dengan banyaknya pantai yang dapat dijadikan referensi untuk berlibur. Namun keindahan beberapa pantai masih tertutupi oleh sampah.

Sampah alami dan sampah yang berasal dari aktivitas manusia masih kerap dijumpai di beberapa pantai. Sejumlah kalangan masyarakat pun tergerak untuk sekedar meluangkan waktu membersihkan sampah di pantai.

Baca Juga: Namamu Agus? Dua Pantai Ini Gratiskan Tiket Masuk Selama Agustus

Seperti hari ini, Minggu (12/8), bersih-bersih sampah dilakukan di Pantai Sendiki, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Kelompok masyarakat pencinta pantai, Malang Surfing Association (MSA) bersama dinas terkait kompak membersihkan sampah di Sendiki.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara berharap kedepan seluruh pantai di Malang bisa bebas dari sampah. Sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama liburan di pantai.

“Ini sudah masuk yang ketujuh, yang sebelumnya sudah digelar di sejumlah pantai wilayah Kabupaten Malang,” kata Made.

Baca Juga: Berimbang, Toko Artis dan Tempat Oleh-oleh Kota Malang Berjalan Selaras

Tidak hanya dari komunitas dan dinas terkait yang ikut gerakan membersihkan sampah di pantai, namun juga ada wisatawan yang turut berpartisipasi.

“Gerakan kebersihan seperti ini lebih diminati oleh wisatawan,” terangnya.

Rencananya, untuk bersih pantai bulan depan akan dilaksanakan di Pantai Nganteb, Desa Tumpakrejo, Kecamatan Gedangan. Selama ini, bersih-bersih pantai tersebut memang di agendakan satu bulan sekali.

Reporter : Dhimas Fikri
Editor : Kistin Septiyani