Peduli, film inspiratif karya sineas muda Kepanjen
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Sebuah pesan tentang sikap mencintai alam yang digambarkan dengan kisah seorang anak dengan kebutuhan khusus yang mencari ikan. Akan tetapi niat mencari ikan sebagai pemenuhan kebutuhan keluarganya itu terhalang sampah yang menutupi permukaan tambaknya.

Akbar Dwi Lestari, siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang menjadi kru film bagian editor mengungkapkan, karya film pendek yang masuk nominasi IKAUB 2016 berjudul ‘Peduli’.

Dengan lokasi pengambilan gambar di sebuah tambak ikan di Desa Jambuwer, Kecamatan Wonosari. Film dengan durasi lima menit garapan siswa SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen ini telah beberapa kali memperoleh penghargaan di antaranya masuk nominasi 10 besar di dua ajang festival berbeda. Yakni, ajang lomba yang digelar dalam rangka reuni akbar IKA-UB 2016 dan Festival Film Pelajar yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

“Klimaks dari film ini adalah ketika, pemeran utama mencari ikan, namun banyak sampah yang menutupi tambaknya. Lalu, seharian dia bersihkan tambak dengan perahu kecil, kemudian memasang tanda larangan buang sampah sembarangan,” kata siswa yang juga menjadi kameramen dalam film tersebut.

Film dengan pemeran seorang anak dengan cacat fisik, yang harus mencari biaya sekolah sendiri dari hasil tambak ikan. Akibat penghasilan menurun, tambaknya yang semula banyak sampah kotor menginspirasinya untuk peduli lingkungan. Film ini pun memberi pesan khusus bahwa menajaga lingkungan adalah kewajiban semua kalangan.

Selanjutnya ia menuturkan proses pengambilan gambar dilakukan dalam waktu sehari, karena keterbatasan waktu, kemudian keesokan harinya langsung dikirim.

Sebagai pengharagaan selanjutnya pihak panitia dari Pengurus Pusat IKAUB mengundang tim film dari SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen untuk  mengikuti penyerahan penghargaan di Econvention Ancol, Jakarta, 22 Oktober mendatang.

Hal yang paling membanggakan adalah mereka berkesempatan mengikuti workshop perfilman bersama sejumlah aktor dan sineas ternama. Seperti Eros Djarot, Slamet Rahardjo, Christin Hakim, Marcella Zalianty dan Anggoro Santoro di Sanggar Teater Populer Teguh Karya di Jakarta. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda