MALANGTODAY.NET – Hujan deras selama sehari penuh pada Minggu kemarin yang mengakibatkan banjir di beberapa titik di wilayah Kabupaten Malang. Meski tidak dilaporkan adanya korban jiwa, akan tetapi banjir yang diakibatkan meluapnya air sungai dilaporkan melanda kawasan Sitiarjo dan Sumber Manjing Wetan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Hafi Lutfi, menuturkan tinggi air saat banjir di Sitiarjo mencapai 1,5 meter.

“Pagi ini, BPBD mendapat laporan terakhir dampak banjir dan longsor pagi ini. Kerugian diderita Rumini, warga Dusun Krajan Desa Wirotaman. Kerusakan rumah bagian dapur rusak total arau rubuh diperkirakan kerugian material 25 juta Rupiah,” ujar Lutfi kepada sejumlah media.

Banjir yang disertai longsor tersebut setidaknya mengakibatkan mengakibatkan putusnya akses jalan antar desa. Seperti yang ini terjadi di akses badan jalan lingkar S dari Desa Sonowangi menuju Desa Lebakharjo.

“Karena terputusnya akses, untuk sementara lalu lintas dari Desa Sonowangi menuju Desa Lebakharjo dialihkan melalui Pronowijo,” imbuhnya.

Sedangkan untuk banjir di Sungai Ngglidik Desa Lebakharjo sudah mulai surut. Tinggi air yang sebelumnya mencapai 1,5 meter sudah kembali normal dan tidak mengalami luapan dari sungai.

Untuk langkah-langkah antisipasi, BPBD Kabupaten Malang akan terus berkoordinasi dengan desa-desa yang berpotensi dan terdampak banjir. Juga dengan pihak-pihak terkait lainnya. Termasuk dengan aparat kepolisian dan Koramil setempat.

Sementara itu, pagi ini BPBD Kabupaten Malang juga mengeluarkan rilis prakiraan cuaca untuk tanggal 11 sampai dengan 17 Oktober 2016. Dilaporkan pada laman resmi BPBD Kabupaten Malang, cuaca diperkirakan masih akan didominasi hujan berawan. Suhu berada pada kisaran 19 sampai dengan 31 derajat Celcius, dengan kelembaban antara 56 sampai dengan 97 persen.

“Akan ada pergerakan angin dari utara hingga tenggara dengan kecepatan 05 sampai dengan 40 kilometer perjam. Sehingga potensi hujan disertai angin kencang dan kilat masih ada di daerah Malang,” tutupnya.(frk)

Berikan tanggapan Anda