MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Xfest, Xpresi Pemuda Indonesia persembahan Bank BCA yang bekerjasama dengan FIA UB, Rabu (26/10) pagi ini resmi dibuka. Kegiatan yang merupakan kali kedua dilaksanakan ini menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan usaha kecil, selain juga meningkatkan kreatifitas pemuda Indonesia.

Wakil Rektor II Universitas Brawijaya Malang, Dr. Sihabudin, S.H, M.H dalam sambutannya mengatakan, pengembangan usaha kecil di Korea dan Jepang sangat berhasil. Sebab, dikemas sangat baik dan tidak ada perbedaan signifikan antara pedagang kecil dan pedagang besar.

“Tapi memang Indonesia, di ASEAN menjadi pemimpin dalam pengembangan usaha kecil, dan perlu terus ditingkatkan,” katanya.

Hanya yang perlu diperhatikan, lanjutnya, kualitas produk dan kemampuan dalam melakukan pemasaran. Dicontohkan untuk produk Tiongkok misalnya, yang memang memiliki harga sangat rendah dan tak jarang menjadi penguasa di beberapa daerah di Asean.

“Pengembangan usaha kecil memang sangat penting,” lanjtnya.

Menurutnya, dari segi kualitas saat ini produk usaha kecil memang masih dirajai oleh Jepang. Sementara untuk harga yang paling murah dipegang oleh Tiongkok. Sedangkan Indonesia, memiliki kualitas yang mumpuni, tapi harga yang masih tinggi dibanding produk Tiongkok.

“Nanti Indonesia akan memilih ada diposisi mana, harus dilihat dulu,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Tujuh Malang, Joko, menambahkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya keikutsertaan BCA dalam mengembangkan inovasi para pemuda Indonesia. Tak hanya memamerkan beragam produk berkualitas yang menarik, rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan beragam kompetisi menarik.

“Selain itu juga ada workshop untuk memberi pengetahuan baru bagi para peserta,” ungkap Joko.

Berikan tanggapan Anda