Musrenbang RKPD, Sutiaji Targetkan Ekonomi Kreatif di 2020
Wali Kota Malang saat memberi sambutan dalam acara Musrenbang RKPD di Hotel Savana, Malang @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Pemerintah Kota Malang melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah 2020 (Musrenbang RKPD 2020) yang digelar di Hotel Savana, Jl. Letjen Sutoyo, Klojen, Kota Malang, Kamis (21/03/2019)

Wali Kota Malang, Sutiaji, turut hadir dalam acara itu. Ia menyentil kembali perihal ekonomi kreatif. Baginya, pada tahun 2020 mendatang program ini menjadi prioritas.

“Di tahun 2020 mendatang konsen kita ialah membangun ekonomi kreatif karena kita akan menghadapi revolusi 4.0,” ungkapnya dalam kata sambutan.

Sutiaji menilai, masyarakat dengan segala kreativitasnya perlu diwadahi dan diperkenalkan pada sistem ekonomi yang tepat untuk menyambut revolusi industri 4.0. Sehingga perlu ada upaya membangun sistem dan rumah-rumah kreatif untuk mengimbangi arus teknologi yang mendominasi.

“Bukan berarti meninggalkan yang lama, tetapi membalutnya dengan lebih baik lagi dan perlu ada sistem dan wadah untuk menggenjot,” pungkasnya

Untuk itu, lanjutnya, Musrenbang diadakan dengan tujuan untuk melibatkan seluruh komponen masyarakat. Tujuannya tak lain untuk mengusulkan aneka program yang akan ditindaklajuti demi kemajuan Kota Malang yang bermartabat

“Apa yang saat ini kita lakukan sangat menentukan pada tahun 2020. Keterlibatan masyarakat sangat penting. Sebab masyarakat menjadi subjek dan objek dari pembangunan daerah,” ujarnya.

Sutiaji berharap penuh agar apa yang dilakukan pada Musrenbang ini dapat meminimalir titik kelemahan. Sebab semua komponen dilibatkan. “Kita kumpul berbagai komponen untuk mengasah, mengasuh dan mengisi,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. H. Abdul Hamid, MP mengapresiasi pertumbuhan ekonomi di Kota Malang yang luar biasa. Baginya proyek besar ke depan ialah bagaimana upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia yang dapat ditumbuhkembangkan dalam daya saing.

“Kita duduk bersama untuk berdiskusi bersama apa yang hendak kita rencanakan. Tentu bermuara pada kesejahteraan. Oleh karena itu, betapa pentingnya perencanaan yang baik. Fungsi RKPD adalah ingin menginformasikan seluruh program dan pemanfaatannya,” tegasnya. (ARBS/sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.