Michiko Miyamoto
Michiko Miyamoto

MALANGTODAY.NET – Deputi Direktur ILO, Michiko Miyamoto mengungkapkan, pekerja rumah tangga (PRT) di Indonesia sifatnya sangat privasi. Mereka berada di sebuah lingkungan kerja yang tak jarang tertutup.

Sehingga, kondisi seorang pekerja tidak dapat diketahui dengan bebas.”Apakah mereka dalam keadaan baik atau tidak, kita tidak tahu,” katanya seusai peresmian Sekolah PRT berlokasi di SKB Kota Malang beberapa menit lalu.

Perempuan berkacamata ini menambahkan, dengan keadaan tersebut, maka perlindungan terhadap setiap pekerja perlu untuk diperluas. Sehingga, nasib setiap pekerja dapat dijamin dengan baik. Salah satunya dengan ptoject perdana, Sekolah PRT ini.

Baca Juga : Sekolah PRT Diresmikan ILO Pagi Ini

“Karena PRT ini perlu dididik bahwa mereka adalah pekerja. Mereka harus bisa membaca kontrak yang akan mempekerjakan mereka, itu salah satunya,” urainya.

Menurutnya, perlindungan terhadap PRT ini sangat penting. Pasalnya, PRT memiliki peran sangat penting dalam sebuah keluarga. Di mana mereka membantu meringankan kebutuhan mulai dari mengurus anak hingga kebutuhan rumah tangga seperti masak dan mencuci baju.

“Dan ILO sangat konsentrasi dalam mengedepankan kelayakan pekerjaan bagi setiap pekerja,” pungkasnya. (pit/ind).

Berikan tanggapan Anda