MALANGTODAY.NET – Minimnya literature yang mampu mengungkap fakta sejarah tentang kebesaran Singhasari, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang akan menggelar Festival Literasi Singhasari.

 

Festival akan digelar pada 29 September hingga 1 Oktober ini akan mencari jejak dan fakta sejarah dari semua sisi. Selama ini kebesaran kerajaan Singhasari hanya berkutat pada beberapa hal yang bersifat mitos, yaitu tentang Ken Arok dan Ken Dedes.

 

“Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari Singhasari, termasuk sis kesenian dan kebudayaannya. Seperti yang adal dalam relief Candi Jago yang ada di desa Tumpang. Dalam salah satu reliefnya, sudah digambarkabn penggunaan alat music dawai pada masa itu,” ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang Djayusman.

 

Kegiatan yang dimaksudkan untuk mengungkap fakta yang masih menjadi misteri tersebut, semua literatur sejarah yang selama ini tercecer akan dibahas satu per satu. Beberapa pihak yang akan dilibatkan dalam festival ini nanti adalah pakar arkeologi, budayawan, media massa, pemerintah, pakar pendidikan, dan berbagai pihak yang berkaitan.

 

Dalam kegiatan tersebut, juga akan dideklarasikan kemitraan antara dua daerah, yakni Kabupaten Buleleng dengan Kabupaten Malang. Uniknya, ada banyak kesamaan antara dua tempat ini, antara lain sama-sama sentra peradaban di masa lampau, juga menjadi daerah destinasi wisata di era ini. Selain itu, kedua tempat ini juga dulunya berkaitan dengan Singa, yakni Singasari untuk Malang dan Singaraja untuk Buleleng.

 

Kemitraan ini didasari oleh beberapa rujukan mengenai keterkaitan antara sejarah Singhasari dengan Singaraja. Karenanya, banyak terdapat kesamaan antara dua daerah tersebut. Singhasari di Malang dan Singharaja Buleleng.

 

Tindak lanjut dari kegiatan ini nanti adalah terbentuknya mitra budaya antara Pemkab Malang, Jatim dengan Pemkab Buleleng, Bali. Atau yang biasa disebut dengan istilah sister city (rif)

 

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here